Viral Bilik Sterilisasi Corona, Ini Penjelasan Pengunggah Cuitan

Tapi saat ini bilik tersebut belum sempurna

Surabaya, IDN Times - Sebuah cuitan tentang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini viral di media sosial Twitter. Cuitan tersebut berisi proses pembuatan bilik sterilisasi yang dilakukan oleh Institut Teknologi Telkom Surabaya atas permintaan Risma. Warganet pun ramai-ramai membicarakan gerak cepat Risma dan IT Telkom Surabaya.

1. Cuitan tentang Risma viral di Twitter

Viral Bilik Sterilisasi Corona, Ini Penjelasan Pengunggah Cuitan

Tweet tersebut datang dari akun @ameliarizqaz. Hingga berita ini ditulis, sudah ada 6,6 ribu retweets dan 7 ribu likes di cuitannya. Rizqa, si pemilik akun, menceritakan proses pembuatan bilik sterilisasi dalam cuitannya.

"Bu Risma meminta tolong ke Pak Rektor ITTelkom Surabaya buat bikin human strelization, semacam bilik yang kalo manusia masuk disemprot cairan desinkfectan buat sterilisasi, cc : @ittelkomsby," sebut Rizqa dalam cuitannya pada Rabu (18/3).

Kepada IDN Times, Rizqa mengaku tak menyangka tweetnya akan viral. Ia sebagai dosen hanya melakukan tugas peliputan dari tim produksi IT Telkom Surabaya itu. Tapi ia bersyukur, tweet ini diharapkan memberikan dampak baik pada proyek tersebut.

"Mohon doanya untuk kelancaran project ini dan ditunggu updatenya," tutur Rizqa, Kamis (19/3).

2. Bilik sterilisasi mirip di Vietnam

Viral Bilik Sterilisasi Corona, Ini Penjelasan Pengunggah Cuitan

Rizqa menjelaskan, bilik tersebut bernama Strelization Chamber. Bilik ini berfungsi untuk menyemprotkan desinfektan kepada manusia yang memasuki ruang kecil itu. Bilik seperti itu sudah diterapkan di Vietnam untuk menekan angka penyebaran virus corona.

"Mirip yang di Vietnam. Jadi manusia masuk, disemprot cairan desinfectan dari blower terus keluar dari pintu yang berbeda biar gak campur antrean masuk yang belum disteril," jelas Rizqa.

Proyek ini dikerjakan oleh IT Telkom Surabaya. Sementara Rizqa merupakan bagian dari proyek tersebut sebagai salah satu dosen di sana.

Baca Juga: Risma Minta Semua Tempat di Surabaya Punya Protokol Cegah Virus Corona

3. Viral karena gerak cepat Pemkot Surabaya dan pihak institut

Viral Bilik Sterilisasi Corona, Ini Penjelasan Pengunggah CuitanWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memberikan tentang virus corona di gedung Sawunggaling, Senin (16/3). IDN Times/Faiz Nashrillah

Menurut Rizqa, bilik ini dibuat berdasarkan permintaan Risma langsung. Yang membuatnya viral adalah kecepatan pengerjaan yaitu dalam waktu semalam saja. Warganet pun banyak mengapresiasi gerak cepat IT Telkom Surabaya dan Pemkot Surabaya.

"Mereka kasih contoh nyata bahwa ga usa banyak omong, banyak cincong, langsung bergerak, kasih solusi! MashaAllah mereka bener-bener menunjukkan dan menyebarkan ilmu yg bermanfaat, Semoga perbuatannya dihitung sebagai amal jariyah dan tidak putus," ungkap Rizqa.

Pada cuitannya, Rizqa menjelaskan satu per satu proses pembuatan bilik itu. Ia juga menyertakan gambar bagaimana para dosen bahkan Rektor IT Telkom Surabaya, Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T. turun langsung terlibat dalam proyek tersebut.

"Disini Pak Tri Arief ditemani Pak Warek I,Pak Bambang dan 2 dosen Teknik Komputer, Pak Helmi dan Pak Edi yg belanja kebutuhannya alatnya sendiri," terang Rizqa.

4. Alat belum bisa digunakan

Viral Bilik Sterilisasi Corona, Ini Penjelasan Pengunggah CuitanIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Namun hingga saat ini, alat tersebut masih belum bisa digunakan. Meski biliknya sudah jadi, perlu ada penyempurnaan hingga bisa digunakan secara massal. Rizqa belum bisa memastikan kapan alat tersebut bisa digunakan.

"Ini masih upaya penyempurnaan bagian blower penyemprotnya. Kalau sudah sempurna, akan diproduksi dan disebar ke beberapa titik tapi kurang tahu Pemkot mau menyebar kemana," turutnya.

Ketika dikonfirmasi, Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara belum mau berkomentar banyak. Ia meminta agar publik bersabar menunggu alat tersebut sudah benar-benar bisa digunakan.

"Biarkan penelitinya bekerja dulu, ya," pungkasnya saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: "Bu Risma" Trending, Warganet Apresiasi Upaya Risma Cegah Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya