Tim Gabungan Unesa Selidiki Kasus Dosen Cabul, Pastikan Disanksi Tegas

Pelaku kekerasan seksual akan disanksi meski dosen

Surabaya, IDN Times - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berkomitmen untuk mengusut tuntas dugaan kasus pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kampus. Saat ini, Unesa sudah melakukan investigasi oleh tim gabungan dan menyediakan hotline bagi korban yang ingin melapor.

1. Tim gabungan selidiki dugaan kasus kekerasan seksual oleh dosen

Tim Gabungan Unesa Selidiki Kasus Dosen Cabul, Pastikan Disanksi TegasIlustrasi kekerasan seksual (IDN Times/Sukma Shakti)

Ketua Satuan Kehumasan Unesa, Vinda Maya Setianingrum menjelaskan, saat ini investigasi tengah dijalankan oleh Laboratorium Jurusan Hukum. Selain itu, Unesa sudah memiliki Satuan Anti Kekerasan Seksual untuk menangani kasus-kasus dugaan kekerasan seksual di lingkungan kampus.

"Unesa punya Satuan Anti Kekerasan Seksual. Saat ini berkoordinasi dengan Laboratorium Jurusan Hukum untuk bersama-sama melakukan investigasi terhadap kasus tersebut," ujar Vinda kepada IDN Times, Senin (10/1/2022).

2. Pastikan pelaku kekerasan seksual akan ditindak tegas

Tim Gabungan Unesa Selidiki Kasus Dosen Cabul, Pastikan Disanksi TegasIlustrasi kekerasan seksual (IDN Times/Sukma Shakti)

Vinda memastikan bahwa Unesa berkomitmen untuk memberantas tindakan kekerasan seksual di lingkungan kampus. Para pelaku kekerasan seksual akan ditindak dengan adil, meski pelakunya seorang dosen sekali pun.

"Yang jelas, terhadap segala bentuk tindakan kekerasan seksual, Unesa akan ambil tindakan tegas," tuturnya.

Bahkan, Vinda menyebut bahwa pihaknya membuka layanan pengaduan bagi para mahasiswa yang mengalami tindakan kekerasan seksual. Salah satu layanan pengaduan tersebut bisa diakses melalui tautan  https://tinyurl.com/FormPengaduanHukumUnesa.

"Tim sekarang juga membuka layanan pengaduan sebagai ruang bagi mahasiswa untuk bersuara. Biar ketika ada mahasiswi yang mengalami hal yang sama, bisa cepat ditindaklanjuti," ungkapnya.

Baca Juga: Emil Ajak FT Unesa Bikin Rekayasa Teknologi Pembelajaran 

3. Dosen H diduga lecehkan mahasiswanya

Tim Gabungan Unesa Selidiki Kasus Dosen Cabul, Pastikan Disanksi TegasIlustrasi kekerasan pada perempuan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, dugaan kasus kekerasan seksual ini diutarakan oleh akun anonim di Instagram, @dear_unesacatcallers. Dosen berinisial H dari Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) disebut melecehkan beberapa mahasiswanya. Dosen H diduga mencium mahasiswanya ketika melakukan bimbingan skripsi.

"Sejauh ini sudah ada 3 korban yang menyampaikan kejadian yang dia alami kepada kami dengan pelaku yang sama, dosen berinisial H dari Jurusan Hukum," ungkap akun anonim tersebut.

Baca Juga: Dosen Unesa Diduga Lecehkan Mahasiswa, Cium Korban Saat Bimbingan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya