Risma Diganjar Penghargaan Urbanisasi Tingkat Dunia

Ia kini sejajar dengan pejabat dunia lain

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini  kembali mendapatkan penghargaan internasional. Kali ini, ia diganjar Scroll of Honour Award kehormatan dari UN Habitat. Penghargaan ini diberikan kepada Risma di markas UN Habitat, Nairobi, Kenya pada Senin (1/10). Penghargaan ini dinilai sebagai penghargaan tertinggi di dunia dalam bidang urbanisasi.

1. Terdapat 50 kandidat

Risma Diganjar Penghargaan Urbanisasi Tingkat DuniaIDN Times/Fitria Madia

Direktur Eksekutif UN-Habitat, Maimunah Mohd Sharif menjelaskan tahun ini terdapat 50 lebih kandidat penerima penghargaan yang terdiri dari individu, organisasi danprogram kerja. Pemenang dipilih berdasarkan penjelasan dan praktek nyata di lapangan yang berhubungan dengan pembangunan berkelanjutan, terutama dalam membuat kota dan masyarakatnya secara inklusif, aman, memiliki daya tahan dan berkelanjutan.

“Saya senang, kami dapat mengenali pencapaian luar biasa ini yang telah berkontribusi dalam peningkatan kehidupan orang-orang di perkotaan,” jelasnya melalui siaran pers, Senin (1/10).

2. Disejajarkan dengan pejabat dunia

Risma Diganjar Penghargaan Urbanisasi Tingkat DuniaDok IDN Times/Istimewa

Selain Risma, penghargaan Scroll of Honour Award diraih oleh lima tokoh atau instansi yaitu Kota Xuzhu, Prov Jiangsu Cina, Perencanaan Nasional yang diterapkan pada agenda baru perkotaan di Kuba 2017 – 2036, Isaac "Kaka" Muasa-Chairman Mathare Enviromental Conservation Youth Group (MECYG) Kenya, dan Dr. Mona A. Serageldin (1938 - 2018) Wakil Presiden Institute for International Urban Development USA.

Maimunah menjelaskan, Risma dipilih untuk mendapat penghargaan tertinggi itu karena telah berjasa dalam melayani warga Surabaya selama 20 tahun di Pemkot Surabaya. Selain itu, Risma juga sudah menjabat dua kali (terpilih pada tahun 2010 dan 2016) juga memiliki banyak penghargaan.

“Bu Risma dinilai memimpin Kota Surabaya dengan pengolahan sampah yang mumpuni, memobilisasi masyarakat untuk mengurangi dan mengolah lagi limbah masyarakat, menyediakan mereka dengan pendanaan mikro untuk bank sampah di kampung,” kata dia.

Baca Juga: Risma Kaget Ditunjuk Sebagai Korwil Timses Jokowi

3. Risma belum memberikan komentar

Risma Diganjar Penghargaan Urbanisasi Tingkat DuniaDok IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser mengatakan bahwa Risma hingga saat ini belum memberikan komentar apa pun. Hal ini lantaran jadwal padat yang harus dijalaninya. "Hari ini Bu Wali tiba di Surabaya. Coba besok tanyakan langsung ke Ibu, ya," ujarnya ketika dihubungi oleh IDN Times, Selasa (2/10).

Baca Juga: Risma Jadi Presiden UCLG Aspac, Ini Keuntungan Bagi Kota Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya