Rel Sudah Diperbaiki, KA Tujuan Jakarta Kembali Beroperasi

Perjalanan menuju Jakarta dibatalkan sejak Minggu

Surabaya, IDN Times - Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh tujuan Jakarta akhirnya kembali beroperasi, Selasa (23/2/2021). Sebelumnya, KA Jarak Jauh tujuan Jakarta sempat dibatalkan akibat banjir yang merendam jalur hilir KA antara Stasiun Kedunggedeh-Stasiun Lemahabang, Kabupaten Bekasi. 

1. Rel kereta api menuju Jakarta sudah bisa dilalui kembali

Rel Sudah Diperbaiki, KA Tujuan Jakarta Kembali BeroperasiANTARA FOTO/Galih Pradipta

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan bahwa saat ini banjir yang merendam jalur kereta api sudah surut. Selain itu, batu balas yang sempat tergerus banjir juga sudah kembali dipadatkan. Rel kereta api di jalur hilir KA antara Stasiun Kedunggedeh-Stasiun Lemahabang, Kabupaten Bekasi pun dinyatakan sudah bisa dilalui.

"Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan kereta api keberangkatan menuju Jakarta, khususnya  Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi," ujar Luqman, Selasa (23/2/2021).

2. Jalur rel yang tergerus banjir sudah diperbaiki

Rel Sudah Diperbaiki, KA Tujuan Jakarta Kembali BeroperasiIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Luqman menerangkan, KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29 WIB. KA yang melintas jalur tersebut masih dibatasi kecepatannya hanya 10 km perjam.

Selama dua hari berturut-turut petugas KAI bekerja secara terus menerus menguatkan fondasi, menambah batu balas atau kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat. Untuk mempercepat proses perbaikan, KAI juga menambah petugas dari Daop 2 Bandung dan Daop 3 Cirebon.

“Kami atas nama manajemen PT KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Daop 1 Jakarta," tuturnya.

Baca Juga: Banjir! Seluruh Perjalanan KA Jarak Jauh dari Stasiun Senen Dibatalkan

3. Perjalanan KA menuju Jakarta dibatalkan sejak Minggu

Rel Sudah Diperbaiki, KA Tujuan Jakarta Kembali BeroperasiIlustrasi Stasiun Kereta (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, perjalanan KA jarak jauh dari stasiun Daop 8 Surabaya menuju Jakarta sempat dibatalkan sejak Minggu (21/2/2021). Bahkan, pada Selasa pagi, sejumlah perjalanan juga sempat dibatalkan.

"KAI akan terus melakukan normalisasi pada jalur double track tersebut sehingga lintas tersebut dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk memastikan progres pengerjaannya," imbuh Luqman.

4. Daftar perjalanan KA yang kembali beroperasi

Rel Sudah Diperbaiki, KA Tujuan Jakarta Kembali BeroperasiANTARA FOTO/Galih Pradipta

Berikut daftar perjalanan KA Jarak Jauh yang kembali beroperasi :

Tujuan Pasarsenen Jakarta
1. KA Jayabaya relasi Malang - Pasarsenen Jakarta
2. KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen Jakarta
3. KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Pasarsenen Jakarta

Tujuan Stasiun Gambir
1. KA Argo Bromo Anggrek Pagi relasi Surabaya Pasarturi – Gambir
2. KA Gajayana relasi Malang – Gambir
3. KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir
4. KA Argo Bromo Anggrek Malam relasi Surabaya Pasarturi - Gambir

"KAI juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak di antaranya Kementerian Perhubungan yang telah membantu jalannya proses perbaikan jalur KA ini," pungkas Luqman.

Baca Juga: PT KAI: Mohon Maaf, Kereta Api Menuju Jakarta Dibatalkan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya