Comscore Tracker

Pilot Project, Parkir Jalan Wijaya Kusuma Didesain di Tengah Jalan

Supaya pejalan kaki dan pesepeda tak terganggu kendaraan

Surabaya, IDN Times - Penampilan baru sebentar lagi akan nampak di ruas Jalan Wijaya Kusuma, Surabaya. Lahan parkir kendaraan akan diletakkan di tengah jalan, bukan lagi di pinggir samping trotoar. Kebijakan parkir tengah jalan ini merupakan kali pertama dilakukan di Kota Surabaya.

1. Parkir tengah jalan sebagai langkah untuk city for people

Pilot Project, Parkir Jalan Wijaya Kusuma Didesain di Tengah JalanDokumentasi Dishub Kota Surabaya

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad menjelaskan bahwa keputusan pemindahan lahan parkir ke tengah jalan merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan Surabaya sebagai city for people. Pihaknya ingin membuat kedekatan emosi antara pejalan kaki atau penumpang kendaraan publik dengan bangunan-bangunan yang ditujunya.

"Selama ini kan yang dekat dengan bangunan adalah lahan parkir. Kalau begini yang dekat adalah pejalan kaki. Kita gak mau menciptakan kota untuk kendaraan, tapi untuk manusia. Ini merupakan salah satu langkah," ujar Irvan melalui sambungan telepon kepada IDN Times, Rabu (11/9).

2. Parkir pinggir jalan dinilai mengganggu

Pilot Project, Parkir Jalan Wijaya Kusuma Didesain di Tengah JalanDokumentasi Dishub Kota Surabaya

 

Lebih lanjut, Irvan menerangkan selama ini angkutan massal kerap terhalang kendaraan-kendaraan pribadi di kawasan Jalan Wijaya Kusuma. Jalur sepeda juga sering dijadikan lahan parkir oleh para pengendara motor maupun mobil. Akhirnya pihaknya memutuskan untuk menaruh lahan parkir di tengah jalan agar tidak lagi mengganggu baik pejalan kaki, penumpang angkutan umum, dan pesepeda.

"Dengan ini harapannya para pejalan kaki dan pesepeda akan merasa lebih nyaman. Trotoar akan kembali ke fungsinya lagi. Tidak lagi terganggu kendaran-kendaraan yang parkir pinggir jalan," lanjutnya.

3. Akan ada penambahan penyeberangan

Pilot Project, Parkir Jalan Wijaya Kusuma Didesain di Tengah JalanDokumentasi Dishub Kota Surabaya

 

Berdasarkan data Dishub Kota Surabaya, Jalan Wijaya Kusuma memiliki panjang 255,68 meter dan lebar jalan 20 meter dengan 4 lajur 2 arah. Nantinya lahan parkir akan diletakkan di tengah ruas dengan lebar 5,2 meter dengan satu arah. Irvan juga berencana untuk menambahkan penyebarang zebra cross.

"Sebenarnya zebra cross itu jaraknya minimal 200 meter. Tapi karena orang-orang zaman sekarang itu jalan 50 meter saja sudah gak mau, jadi kemungkinan akan kita tambah," tuturnya.

4. Akan diberlakukan di jalan lain

Pilot Project, Parkir Jalan Wijaya Kusuma Didesain di Tengah JalanDokumentasi Dishub Kota Surabaya

Ke depannya, jika penempatan lahan parkir tengah jalan ini dirasa efektif untuk memberikan kenyamanan pada pejalan kaki, Irvan akan memberlakukan kebijakan yang sama di beberapa ruas jalan lain yang padat pejalan kaki. Namun saat ini ia masih menganalisis dampak pemindahan lahan parkir di Jalan Wijaya Kusuma.

"Bisa dibilang ini pilot project, lah. Berikutnya nanti akan kita lihat lagi," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati menambahkan, pengerjaan Jalan Wijaya Kusuma telah dimulai. Ia telah mengerahkan alat berat berupa excavator untuk melakukan pengerukan aspal di tengah jalan.

“Estimasi pengerjaan diperkirakan selesai dalam satu bulan,” ujarnya.

Baca Juga: Molor Lagi, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Temui Kendala

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You