Comscore Tracker

Peserta UTBK Banyak yang Kesulitan, Unair Buka Rapid Test Gratis

Khusus untuk peserta yang kesulitan akses dan finansial

Surabaya, IDN Times - Universitas Airlangga (Unair) memutuskan untuk membuka posko rapid test gratis bagi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang kesulitan biaya dan akses. Hal ini bertujuan untuk menekan jumlah peserta yang batal mengikuti UTBK akibat kesulitan rapid test.

1. Unair membuka posko rapid test gratis

Peserta UTBK Banyak yang Kesulitan, Unair Buka Rapid Test GratisIlustrasi rapid test. (IDN Times/Mia Amalia)

Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair, Suko Widodo menyampaikan, keputusan ini diambil oleh Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih usai tidak adanya jalan tengah dengan Pemerintah Kota Surabaya terkait kewajiban rapid test bagi para peserta UTBK. Akhirnya Unair membuka posko rapid test sendiri untuk mempermudah para peserta.

"Kasihan peserta itu banyak yang kebingungan mencari tempat rapid test dan kesulitan biaya. Daripada anak-anak gak ada kesempatan, Pak Rektor memutuskan untuk menyediakan," ujar Suko saat dihubungi IDN Times, Sabtu (4/7).

2. Untuk peserta yang kesulitan akses dan finansial

Peserta UTBK Banyak yang Kesulitan, Unair Buka Rapid Test GratisFoto hanya ilustrasi. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Posko ini akan dibuka sesuai jadwal UTBK yaitu tanggal 5-14 Juli 2020 untuk gelombang pertama. Bagi peserta yang kesulitan untuk rapid test hingga jelang jadwal tes, Suko meminta agar mereka tetap datang ke Unair lebih awal untuk kemudian mengikuti rapid test yang telah disediakan.

"Tapi kami harap yang ikut benar-benar yang membutuhkan. Jadi yang bisa rapid test silakan rapid test dulu agar kesempatannya diberikan ke yang membutuhkan," tuturnya.

Sebagai informasi, rapid test umumnya mematok biaya sekitar Rp200 ribu hingga hampir Rp1 juta di Kota Surabaya. Sedangkan di daerah-daerah lain belum banyak laboratorium atau rumah sakit yang menyediakan rapid test sehingga peserta kesulitan mendapatkannya.

3. Tak perlu syarat khusus

Peserta UTBK Banyak yang Kesulitan, Unair Buka Rapid Test GratisIlustrasi rapid test. IDN Times/Mia Amalia

Untuk mendapat rapid test gratis di Unair, para peserta tak perlu membawa persyaratan tambahan. Hanya cukup menunjukkan kartu peserta UTBK di Unair dan kartu identitas seperti KTP dan kartu pelajar.

"Hubungi hotline dulu yang sudah disediakan dan datang lebih awal dari jadwal tes untuk melaksanakan rapid test-nya. Nanti dijelaskan ke petugas, kesulitannya kenapa kok belum tes," tegasnya.

Baca Juga: Peserta UTBK di Surabaya Wajib Rapid Test, Warga: Menyusahkan

4. Alat rapid test diperkirakan cukup

Peserta UTBK Banyak yang Kesulitan, Unair Buka Rapid Test GratisFoto hanya ilustrasi - Drive Thru Rapid Test metode Vena oleh rumah sakit BIMC Siloam Nusa Dua (IDN Times/Ayu Afria)

Suko tak menyebutkan berapa alat rapid test yang disediakan oleh Unair. Namun ia yakin alat tersebut cukup untuk menutup kebutuhan rapid test para peserta. Sebagai informasi, jumlah peserta UTBK di Unair sebanyak 23 ribu orang yang berasal dari berbagai daerah.

"Kami banyak mendapatkan sumbangan, kami juga sudah pengadaan. Ini bentuk dukungan, gotong royong untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk tes," tutupnya.

Baca Juga: Antrean Rapid Test di Surabaya Membludak, Peserta UTBK Pingsan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya