Comscore Tracker

Pemkot Surabaya Butuh Bantuan! Warga Bisa Donasi di Posko Bencana

Penanganan COVID-19 membutuhkan anggaran yang besar

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka Posko Surabaya Peduli Bencana untuk menerima sumbangan dari para warga. Sumbangan ini akan digunakan dalam operasional penanganan COVID-19 lantaran Pemkot Surabaya sudah merasa kesulitan dalam anggaran.

1. Setidaknya Rp446 miliar dibutuhkan untuk penanganan pandemik di Surabaya

Pemkot Surabaya Butuh Bantuan! Warga Bisa Donasi di Posko BencanaWarga menyerahkan donasi ke Posko Peduli Bencana di Balai Kota Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Sekretaris Daerah (Pemkot) Surabaya Hendro Gunawan menuturkan, perhitungan belanja kebutuhan per Juli hingga Desember 2021, pengeluaran belanja Pemkot Surabaya mencapai Rp446 miliar. Padahal, Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) hanya bisa memenui Rp200 miliar.

Hendor melanjutkan, pihaknya sudah melakukan berbagai cara agar bisa menghemat anggaran belanja di masing-masing Perangkat Daerah (PD). Ternyata, upaya refocusing anggaran ini masih belum bisa menutup kebutuhan penanganan COVID-19 di Surabaya.

"Bahwa semua sudah kami refocusing. Tetapi ternyata itu belum juga mencukupi. Apalagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diproyeksi mengalami penurunan Rp1,5 triliun,” ujarnya, Selasa (20/7/2021).

Baca Juga: Sineas Surabaya Telurkan Film Seri tentang Perempuan

2. Pemkot Surabaya buka posko bantuan untuk kumpulkan donasi warga

Pemkot Surabaya Butuh Bantuan! Warga Bisa Donasi di Posko BencanaBantuan berupa APD juga mengalir ke Posko Peduli Bencana Pemkot Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Untuk menutup kekurangan tersebut, Pemkot pun membuka Posko Surabaya Peduli Bencana di Halaman Balai Kota Surabaya. Bantuan yang diberikan tak hanya sebatas dana namun juga bisa kebutuhan-kebutuhan lain yang dibutuhkan seperti masker medis, baju hazmat, hand gloves, Alat Pelindung Diri (APD), test antigen maupun swab PCR.

“Jadi beberapa belanja yang belum bisa tercover APBD kita tandemkan dengan dana yang ada di  Surabaya Peduli Bencana. Ini bentuk ikhtiar kami semua agar dapat menekan laju virus, sehingga keadaan ini cepat membaik,” tuturnya.

3. Jajaran Pemkot sudah berdonasi tiap bulan

Pemkot Surabaya Butuh Bantuan! Warga Bisa Donasi di Posko BencanaBantuan berupa APD juga mengalir ke Posko Peduli Bencana Pemkot Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Selama ini, lanjut Hendro, jajaran lingkungan Pemkot Surabaya sudah mengumpulkan donasi untuk dana di Surabaya Peduli Bencana. Setiap bulannya, donasi yang terkumpul dari kalangan pejabat hingga staf di setiap PD itu diserahkan ke rekening Surabaya Peduli Bencana.

“Itu kita rutin yang dari kita, tetapi Alhamdulillah banyak juga dukungan yang masuk dari masyarakat. Sekali lagi, dengan kerendahan hati panjenengan, kota ini butuh dibantu jenengan semuanya. Supaya lekas pulih dari pandemi dan ekonomi bergerak pulih seperti sedia kala,” pungkasnya.

Baca Juga: Miris, Mobil Dinas Pemkot Surabaya Diubah Jadi Mobil Jenazah

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya