Pemilik Restoran Ojol Abal-abal di Kota Surabaya Akhirnya Ditangkap

Pengungkapan ini bermula dari video viral

Surabaya, IDN Times - Dalang di balik maraknya restoran abal-abal di jasa layanan antar makanan ojol Kota Surabaya akhirnya tertangkap. Pemilik jaringan restoran abal-abal ini telah ditetapkan oleh Unit Resmob Polrestabes Surabaya dan resmi menjadi tersangka.

1. Pelaku punya puluhan outlet di Surabaya

Pemilik Restoran Ojol Abal-abal di Kota Surabaya Akhirnya DitangkapIlustrasi (IDN Times/Sukma Sakti)

Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, Iptu Arief Ryzki Wicaksana mengatakan bahwa pemilik warung Dapur Ndeso itu berinisial ES, seorang warga Kota Surabaya. ES ditangkap pada Selasa (15/6/2021).

"Tersangka sudah kita amankan," ujar Arief saat dihubungi IDN Times, Kamis (17/6/2021).

Arief menjelaskan bahwa ES merupakan otak di balik adanya restoran abal-abal di Kota Surabaya. Ia memiliki beberapa warung yang tersebar di berbagai titik di Surabaya. Masing-masing warung ini mempunyai hingga belasan akun merchant di layanan antar makanan dalam aplikasi ojol.

"Dia itu pemilik. Outletnya ada puluhan di Kota Surabaya," sebut Arief.

Baca Juga: Viral Resto Abal-abal di Surabaya, Polisi Selidiki Pemilik

3. Restoran abal-abal mendompleng nama restoran terkenal

Pemilik Restoran Ojol Abal-abal di Kota Surabaya Akhirnya DitangkapIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Warung-warung ES ini seakan menipu para pelanggan lantaran memasang foto yang tak sesuai dengan kenyataan makanannya. Parahnya lagi, ia menggunakan nama restoran-restoran terkenal untuk menarik pelanggan.

"Jadi dia mendompleng nama restoran terkenal supaya outletnya itu laku di aplikasi," ungkap Arief.

3. Restoran abal-abal di Kota Surabaya viral

Pemilik Restoran Ojol Abal-abal di Kota Surabaya Akhirnya DitangkapTangkapan layar korban penipuan resto abal-abal di Surabaya. Instagram.com

Sebelumnya, restoran abal-abal ini diviralkan oleh seorang pengguna Instagram @kdeviana. Ia kecewa dengan makanan yang dipesannya melalui ojol. Dalam aplikasi tertera bahwa restoran yang ia pesan cukup terkenal dengan menu yang menggiurkan. Nyatanya, makannya ternyata tak selengkap dan seenak yang dibayangkan.

Ketika didatangi, ia mendapati bahwa restoran yang ia pesan bukan benar-benar sebuah rumah makan melainkan hanya rumah biasa dengan sebuah dapur.

"Saya juga menemukan beberapa restoran dengan nama yang berbeda tapi alamatnya sama, ya di sini ini. Dia juga pakai nama restoran yang terkenal-terkenal seperti Pecel Dharmahusada sama Bebek Purnama," tuturnya kepada IDN Times.

Baca Juga: Resto Abal-abal Viral di Surabaya, Polisi Periksa 4 Saksi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya