Comscore Tracker

Masa Tenang, Bawaslu Justru Temukan Dugaan Politik Uang di 4 Daerah

Hayo ada yang nerima gak?

Surabaya, IDN Times - Dalam masa tenang menjelang pencoblosan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur telah mengungkap dugaan politik uang di beberapa daerah. Jumlah uang yang diamankan dari hasil tangkapan tersebut berjumlah puluhan juta hingga miliaran rupiah.

1. Setidaknya ada pengungkapan di 4 daerah

Masa Tenang, Bawaslu Justru Temukan Dugaan Politik Uang di 4 DaerahIDN Times/Fitria Madia

Setidaknya telah ada 4 daerah yang menjadi lokasi pengungkapan tersebut yaitu Ponorogo, Probolinggo, Lamongan, dan Surabaya. Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi mengatakan bahwa hingga saat ini kasus-kasus tersebut masih dalam tahap pembahasan.

"Untuk laporan total masih belum. Teman-tekan Bawaslu Kabupaten/Kota dibantu pihak kepolisian dan kejaksaan menyimpulkan hasil klarifikasi itu apakah praktik yang ditemukan semalam itu merupakan praktik politik uang atau tidak," ujarnya saat ditemui di Kantor Bawaslu Jatim, Selasa (16/4).

2. Uang yang diamankan mencapai miliaran rupiah

Masa Tenang, Bawaslu Justru Temukan Dugaan Politik Uang di 4 DaerahIDN Times/Fitria Madia

Aang mengatakan bahwa dalam pengungkapan ini jumlah uang yang tertangkap tangan dibawa oleh para calon legislatif besarannya bermacam-macam. Mulai puluhan juta seperti yang diungkap di Ponorogo hingga mencapai Rp1 miliar seperti yang diamankan di Surabaya.

"Kurang lebih kasusnya sama di Surabaya dan Lamongan. Kalo yang di Surabaya masih ratusan. Kalo di Lamongan sampai di atas lebih," imbuhnya.

3. Diduga serangan fajar apabila disertai alat peraga

Masa Tenang, Bawaslu Justru Temukan Dugaan Politik Uang di 4 DaerahANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Dalam penangkapan ini, dugaan atas politik uang menjadi makin kuat apabila barang bukti yang diamankan memenuhi beberapa ciri-ciri yaitu terdiri dari pecahan Rp50 ribu atau Rp20 ribu dan disertai dengan alat peraga kampanye untuk menunjukkan harusnya mencoblos yang mana.

"Yang jelas dugaan praktik uang di Surabaya, kemudian Lamongan, Ponorogo dua malam berturut-turut kami mendapati pihak yang membawa uang pecahan 20 sama 50 disertai dengan bahan kampanye. Kemudian di Kota Probolinggo," terangnya.

4. Ada kemungkinan uang untuk bayar saksi

Masa Tenang, Bawaslu Justru Temukan Dugaan Politik Uang di 4 DaerahIDN Times/Reza Iqbal

Aang menjelaskan bahwa pemeriksaan yang mendalam diperlukan untuk memastikan apakah uang yang dibawa akan digunakan untuk serangan fajar atau tidak. Pasalnya uang tersebut juga dapat digunakan sebagai honor saksi yang bertugas di TPS-TPS.

"Ada banyak kemungkinan. Kita harus periksa dulu," pungkasnya.

Baca Juga: Caleg Lamongan Ditangkap Akibat Bawa Uang Miliaran, Ini Kronologinya

Topic:

  • Fitria Madia
  • Faiz Nashrillah

Just For You