Kasus Menurun, Hotel Asrama Haji Surabaya Kembali Nol Pasien

Semoga bertahan terus!

Surabaya, IDN Times - Setelah sempat mengalami sedikit peningkatan, kasus COVID-19 di Kota Surabaya kembali bisa ditekan. Salah satu indikatornya adalah kosongnya Hotel Asrama Haji sebagai tempat isolasi terpusat yang disediakan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

1. Hotel Asrama Haji Surabaya nol pasien

Kasus Menurun, Hotel Asrama Haji Surabaya Kembali Nol PasienKepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita saat ditemui di kampanye pencegahan anak stunting, Rabu (18/12). IDN Times/Fitria Madia

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, kosongnya HAH ini sudah terjadi sejak Senin (13/12/2021). Pada Selasa (14/12/2021), jumlah awal pasien, pasien masuk, dan pasien keluar di HAH adalah nol alias tak ada pasien sama sekali yang dirawat di HAH.

"Per Selasa 14 Desember 2021, pukul 09.00 WIB dengan jumlah total kamar sebanyak 397 orang, dengan jumlah kamar terisi adalah nol orang. Hasilnya, jumlah kamar kosong sebanyak 397 orang," ujarnya, Rabu (15/12/2021).

2. Kasus aktif di Surabaya berada di angka 10 orang per hari

Kasus Menurun, Hotel Asrama Haji Surabaya Kembali Nol PasienWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi meninjau gedung isolasi di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Dok. Pemkot Surabaya.

Kondisi nol pasien di HAH ini sejalan dengan kasus COVID-19 di Kota Surabaya yang kembali ditekan. Jika sebelumnya kasus aktif meningkat hingga mencapai belasan orang di tiap harinya, kini kasus aktif berada di bawah angka 10 orang. Berdasarkan data Dinkes Jatim, kasus aktif COVID-19 di Surabaya pada Selasa sebanyak 6 orang, Senin 8 orang, Minggu 7 orang, dan Sabtu 8 orang.

"Kamar terisi di HAH nol orang dan kamar kosong sebanyak 257 orang. Lalu ada Gedung Shofa, yang setiap kamar mampu menampung 3 orang, saat ini kamar terisi nol orang, dan kamar kosong 140 orang," tutur Feny, sapaan akrab Febria.

Baca Juga: Sempat Nol, Pasien COVID-19 Asrama Haji Surabaya Kembali Bertambah

3. Tingkat vaksinasi COVID-19 terus meningkat

Kasus Menurun, Hotel Asrama Haji Surabaya Kembali Nol Pasienilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Turunnya kasus ini bersamaan dengan terus naiknya tingkat vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya. Feny mencatat, capaian vaksinasi COVID-19 dosis satu di Surabaya sudah ada di angka 118,34 persen. Angka dosis dua vaksinasi juga sudah hampir sempurna yaitu 99,63 persen.

"Untuk lansia dosis satu sudah tercapai 99,95 persen dan dosis dua telah tercapai 90,24 persen," sebutnya.

Feny pun berharap, kondisi ini bisa terus bertahan di Kota Surabaya dan tidak ada gelombang susulan pada momen Nataru. Ia juga meminta Camat dan Lurah agar mendata warganya yang belum melakukan vaksinasi COVID-19.

"Berdasarkan arahan Bapak Wali Kota (Eri Cahyadi) untuk dosis kedua, baik total maupun lansia harus 100 persen. Mohon bantuan bapak dan ibu Camat untuk mengecek warganya yang belum melakukan vaksin," pungkasnya.

Baca Juga: Sudah 4 Hari Pasien COVID-19 Asrama Haji Surabaya Tinggal 1 Orang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya