Jangan Khawatir, Pemkot Jamin Disinfektan Aman Bagi Manusia

Kalau kena jemuran atau badan gak perlu panik guys

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya tengah gencar-gencarnya melakukan disinfeksi ke seluruh wilayahnya dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona. Bahkan, penyemprotan ini menggunakan pesawat tanpa awak alias drone. Tapi warga tak perlu khawatir jika terkena cairan disinfektan itu. Sebab, Pemkot menjamin cairan tersebut aman bagi tubuh manusia.

1. Bahan disinfektan terdapat di perlengkapan sehari-hari

Jangan Khawatir, Pemkot Jamin Disinfektan Aman Bagi ManusiaPenyemprotan desinfektan dengan drone, Senin (23/3). Dok Humas Pemkot Surabaya

Kepala Bidang Peternakan dan Penyuluhan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Meita Irene Wowor menjelaskan, disinfektan yang digunakan oleh Pemkot Surabaya menggunakan bahan aktif jenis Benzalkonium Chloride. Bahan ini sering ditemui di barang kebutuhan sehari-hari.

"Bahan Benzalkonium Chloride ini umum digunakan sebagai bahan antiseptik dan disinfektan. Mulai obat tetes mata, sampo, dan hand sanitizer," ujar Meita melalui siaran pers Pemkot Surabaya, Selasa (24/3).

2. Bahan kimia berfungsi membunuh jamur, virus, dan lain-lain

Jangan Khawatir, Pemkot Jamin Disinfektan Aman Bagi ManusiaPenyemprotan desinfektan dengan drone, Senin (23/3). Dok Humas Pemkot Surabaya

Meita menjelaskan,  Benzalkonium Chloride digunakan lantaran berfungsi untuk membunuh jamur, virus, serta mikroorganisme yang lain. Bahan tersebut merupakan zat kimia yang berfungsi sebagai antiseptik jika digunakan dalam konsentrasi rendah. Tetapi juga dapat berfungsi sebagai disinfektan jika digunakan dalam konsentrasi tinggi.

"Kalau secara keamanan, baik untuk lingkungan ataupun manusia, yang punya kita (produksi mandiri) ini lebih ramah. Jadi, kita pastikan aman baik dari sisi konsentrasinya maupun bahannya," tuturnya.

Baca Juga: TNI, Polri dan Pemda Gunakan Drone untuk Penyemprotan Disinfektan 

3. Disinfektan yang disemprot ke mana-mana dijamin aman

Jangan Khawatir, Pemkot Jamin Disinfektan Aman Bagi ManusiaPenyemprotan desinfektan oleh Damkar di daerah Gunungayar Surabaya, Senin (23/3). IDN Times/Faiz Nashrillah

 

Oleh karena itu, Meita memastikan bahwa bahan dasar penyemprotan disinfektan ini aman untuk manusia. Apalagi, isi kandungan dalam bahan tersebut merupakan salah satu bahan kimia yang digunakan sebagai antiseptik.

“Jadi kandungan isinya yang kita gunakan dalam penyemprotan merupakan bahan kimia yang biasa digunakan antiseptik, bukan antibiotik,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, Pemkot Surabaya melakukan berbagai upaya untuk menahan laju penyebaran Covid-19 di Kota Pahlawan. Penyemprotan disinfektan dilakukan di berbagai penjuru wilayah. Penyemprotan ini pun dilakukan dengan cara manual di tingkat kelurahan, menggunakan mobil pemadam kebakaran, hingga drone untuk pemukiman padat penduduk.

Baca Juga: Semprotkan Cairan Disinfektan, Polres Lamongan Gunakan Water Cannon

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya