Comscore Tracker

Ingin Tinjau GBT, Menpora Malah Tak Bisa Masuk karena Pintu Dikunci

Waduh, siapa hayo yang bawa kuncinya?

Surabaya, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk pertama kalinya mengunjungi salah satu calon venue Piala Dunia U-20 2021, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (3/11). Namun sayangnya, kunjungannya ke GBT gagal total. Sebab, stadion justru dikunci sehingga Zainudin tidak bisa masuk ke dalam.

1. Menpora gagal masuk GBT

Ingin Tinjau GBT, Menpora Malah Tak Bisa Masuk karena Pintu DikunciMenpora Zainudin Amali (kanan) bersama Kadispora Jatim Supratomo di depan pintu masuk Stadion GBT yang terkunci, Minggu (3/11). IDN Times/Fitria Madia

Rombongan Menpora tiba di Stadion GBT sekitar pukul 15.04 WIB. Ketika mereka berusaha masuk ke dalam stadion, pintu terkunci rapat. Ia sudah meminta pihak Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur untuk menghubungi Dispora Kota Surabaya agar bisa membukakan pintu. Namun upaya tersebut tetap tidak membuahkan hasil.

"Kan dikunci. Saya gak bisa terbang. Sudah ini, Pak Kadispora sudah minta dengan Kadispora kota, gak dijawab," ujar Zainudin kepada awak media di depan stadion.

2. Sesalkan tidak bisa melihat kondisi GBT dari dalam

Ingin Tinjau GBT, Menpora Malah Tak Bisa Masuk karena Pintu DikunciMenpora Zainudin Amali bersama rombongan saat mengunjungi Stadion GBT, Minggu (3/11). IDN Times/Fitria Madia

Zainudin menyayangkan kegagalannya untuk masuk ke dalam stadion. Sebab, jika dia masuk ke dalam, dia bisa melihat kebutuhan apa saja yang dibutuhkan GBT untuk memenuhi standar FIFA. Jika memungkinkan, ia juga bisa membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Padahal kita datang untuk melihat, kalau ada yang masih bisa kita bantu perbaiki. Tapi ini kita mau lihat aja tertutup begini, gimana? Kita mau bantu apa?" sesalnya.

Baca Juga: Khofifah Sebut GBT Bau Sampah, Pejabat Pemkot Surabaya Tak Terima

3. Ingin melihat kondisi GBT setelah kerusuhan

Ingin Tinjau GBT, Menpora Malah Tak Bisa Masuk karena Pintu DikunciMenpora Zainudin Amali (tengah) bersama rombongan saat mengunjungi Stadion GBT, Minggu (3/11). IDN Times/Fitria Madia

Selain itu, Zainudin juga berniat untuk melihat secara langsung kondisi Stadion GBT usai kerusuhan yang disertai perusakan dan pembakaran, Selasa (29/10). Hal ini tentu saja berkaitan dengan persiapan GBT sebagai salah calon tuan rumah Piala Dunia 2021.

"Ya (ingin lihat) segala macamnya. Apalagi kemarin sempat ada kerusuhan, kebakaran, lihat aja," tuturnya.

4. Meninggalkan stadion GBT tanpa meninjau ke dalam

Ingin Tinjau GBT, Menpora Malah Tak Bisa Masuk karena Pintu DikunciMenpora Zainudin Amali (tengah) bersama rombongan saat mengunjungi Stadion GBT, Minggu (3/11). IDN Times/Fitria Madia

Namun niat Zainudin terpaksa diurungkan. Ia pun pulang dengan tangan hampa. Satu-satunya hal yang bisa ia tinjau adalah terkait aroma sampah di sekitar Stadion GBT. Ia pun melanjutkan agenda berikutnya ke Gedung Negara Grahadi untuk bertemu tokoh olahraga se-Jatim.

"Kebuntuan-kebuntuan komunikasi seperti ini harus kita cari kan jalan keluar. Kita harus bisa menurunkan ego masing-masing. Sepak bola ini milik kita," tutupnya.

5. Pemkot mengaku tak tahu ada kunjungan Menpora

Ingin Tinjau GBT, Menpora Malah Tak Bisa Masuk karena Pintu DikunciKondisi kerusakan Gelora Bung Tomo usai pembakaran oleh supporter sepak bola, Rabu (30/10). IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, IDN Times  juga berusaha menghubungi pihak Pemkot Surabaya. Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengaku tidak mengetahui kabar kedatangan dan kunjungan Zainudin ke GBT.

"Saya pribadi tidak tahu. Sebentar ya, saya coba hubungi pihak Dispora," tuturnya singkat.

Baca Juga: GBT Bau Sampah, Gubernur Jatim Siapkan 4 Stadion Ini sebagai Gantinya

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You