HUT PMK, Kebakaran di Surabaya Turun 30 Persen di Tahun 2020

Semoga bisa terus turun, ya!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-102 pada Senin (1/3/2021). Di usia yang ke 102 tahun ini, jumlah kebakaran di Kota Surabaya pada tahun 2020 menurun dibandingkan tahun 2019.

1. Jumlah kebakaran di Kota Surabaya turun dalam kurun waktu setahun terakhir

HUT PMK, Kebakaran di Surabaya Turun 30 Persen di Tahun 2020Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Dinas Kebakaran (PMK) Kota Surabaya Dedik Irianto menyebutkan, tingkat kebakaran di Kota Pahlawan dalam satu tahun terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dedik menyebutkan, pada tahun 2019 terdapat 964 kejadian kebakaran di Kota Surabaya.

"Lalu untuk tahun 2020 turun menjadi 600 kejadian. Artinya penurunannya sekitar 30 persen," ujar Dedik, Senin (1/3/2021).

Hal ini menunjukkan bahwa upaya edukasi mengenai kebakaran kepada masyarakat bisa membantu untuk menekan jumlah kebakaran. Ia berharap, kondisi ini bisa dipertahankan dan lebih baik ke depannya.

2. Juru padam sebenarnya adalah warga

HUT PMK, Kebakaran di Surabaya Turun 30 Persen di Tahun 2020Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia juga menambahkan bahwa juru padam yang sebenarnya bukanlah Damkar melainkan warga. Pasalnya, warga yang berada paling dekat dengan lokasi kejadian. Namun, Dedik juga berharap warga tidak terlambat melapor jika mengetahui adanya kejadian kebakaran.

“Selamat kepada seluruh warga, karena juru padam yang sesungguhnya adalah warga, karena kan di tiga menit awal, mereka yang melakukan pemadaman. Hal itu yang selalu kita sosialisasikan. Nah, ketika warga sudah tidak bisa mengatasi, kita bantu peralatan, kita bantu tenaga untuk memadamkan kebakaran itu," tuturnya.

3. Tiga pemadam dapat penghargaan berkat aksi heroiknya

HUT PMK, Kebakaran di Surabaya Turun 30 Persen di Tahun 2020Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada peringatan tersebut, Pemkot Surabaya juga memberikan penghargaan terhadap 3 personel pemadam kebakaran. Mereka merupakan penyelamat kebakaran yang terjadi pada 15 Februari 2021 lalu hingga berhasil menyelamatkan 7 orang termasuk 4 orang yang tengah terjebak di dalam rumah.

“Ketika melihat asap, mereka langsung meluncur ke lokasi dan langsung melakukan penyelamatan korban yang terjebak kebakaran. Alhasil lima orang korban berhasil diselamatkan. Baru setelah itu personel lainnya datang dan langsung melakukan pemadaman. Mari kita bersama-sama mencegah kebakaran di Kota Surabaya,” ungkapnya.

Baca Juga: Kronologi Penyelamatan Empat Orang Saat Terjebak dalam Kebakaran

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya