Comscore Tracker

Bahas COVID-19, Besok Debat Perdana Pilkada Surabaya Tanpa Penonton

Lima akademisi akan jadi panelis

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya akan melaksanakan debat perdana Pilkada Surabaya 2020, besok Rabu (4/11/2020). Debat ini tentunya akan mempertemukan gagasan dua pasangan calon (paslon) peserta. Yakni nomor urut 1, Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno.

"Kami akan menggelar debat perdana Pilkada Surabaya 2020 besok," ujar Komisioner KPU Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Subairi saat dikonfirmasi, Selasa (3/11/2020).

1. Tema debat soal COVID-19 dengan 6 segmen

Bahas COVID-19, Besok Debat Perdana Pilkada Surabaya Tanpa PenontonIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Debat perdana rencananya digelar di Hotel JW Marriot Surabaya pukul 19.00 WIB. Tema debat sendiri ialah 'Menjawab permasalahan dan tantangan Kota Surabaya di era pendemi COVID-19'. Ada dua moderator, Helmi Kahaf dan Rina Fahlevi akan memandu jalan debat yang disiarkan langsung di YouTube KPU Surabaya, Jtv, TVRI dan SBO Tv.

"Debat akan dibagi menjadi enam segmen. Semua peserta dan tamu undangan wajib mematuhi protokol kesehatan COVID-19," kata Subairi.

2. Lima panelis dari akademisi

Bahas COVID-19, Besok Debat Perdana Pilkada Surabaya Tanpa PenontonIlustrasi Pilkada Surabaya. IDN Times/Mardya Shakti

Panelis yang dihadirkan dalam debat sesi pertama ini berjumlah lima orang. Mereka merupakan akademisi yang dipercaya independen dalam gelaran Pilkada Kota Surabaya 2020 ini. Kelima panelis tersebut adalah Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Nurhasan, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) Dr Sukadiono, Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof Dr David S. Perdanakusuma dr SpBP-RE (K), Dr Romy Hermawan dari Universitas Brawijaya Malang, dan Akhmad Jayadi dari Unair.

"Mereka ditunjuk sesuai dengan kapasitas dan keilmuan masing-masing. Ada yang dari kedokteran karena temanya COVID-19. Ada juga yang dari ekonomi karena pemulihan ekonomi adalah salah satu permasalahan yang ada di pandemik ini," jelasnya.

Baca Juga: Resmi! Dua Pasangan Calon Akan Bertarung di Pilkada Surabaya

3. Jamin panelis independen

Bahas COVID-19, Besok Debat Perdana Pilkada Surabaya Tanpa PenontonIlustrasi Pilkada Surabaya. IDN Times/Mardya Shakti

Kelima panelis tersebut telah merumuskan subtema-subtema yang kemudian diterjemahkan menjadi pertanyaan saat debat nanti. Subtema ini juga dibagikan ke Pasangan Calon Wali-Wakil Wali Kota Surabaya sebagai kisi-kisi pembahasan nantinya. Subairi percaya, para panelis tersebut merupakan pihak yang independen.

"Independensi para panelis sangat kami hormati untuk menjaga kualitas debat. Pertanyaan nanti hanya dibacakan oleh moderator saat debat," tuturnya.

4. Bisa disaksikan dari televisi dan YouTube

Bahas COVID-19, Besok Debat Perdana Pilkada Surabaya Tanpa PenontonIlustrasi Pilkada Serentak 2020. IDN Times/Arief Rahmat

Selain itu, pelaksanaan debat kali ini tak semeriah gelaran-gelaran sebelumnya. Pasalnya KPU membatasi jumlah orang yang hadir di dalam lokasi debat. Hanya pasangan calon dan 4 tim sukses saja. Debat kali ini juga digelar tanpa pendukung atau penonton. Sebagai gantinya, debat disiarkan secara langsung di stasiun televisi serta kanal YouTube KPU Surabaya.

"Mengingat kondisi karena pandemik COVID-19, demi keselamatan bersama, masyarakat bisa menyaksikan debat dari rumah saja yang akan disiarkan di tiga stasiun televisi, JTV, SBO TV, dan TVRI," tutupnya.

Baca Juga: Gugus Tugas Surabaya Pastikan Pantau Terus Kegiatan Pilkada 2020

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya