Akhir Bulan, Hujan Diprakirakan Makin Deras Mengguyur Jatim

Situbondo diprakirakan hujan seharian

Surabaya, IDN Times - Di akhir bulan November 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan cuaca di Jawa Timur masih didominasi hujan. Sebagian daerah di Jatim akan diguyur hujan deras dengan disertai petir. Dengan kondisi ini, potensi banjir berada di level waspada.

1. Malam hingga dini hari di Jatim berkabut

Akhir Bulan, Hujan Diprakirakan Makin Deras Mengguyur JatimJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto menyebutkan, cuaca Jatim diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Kondisi ini akan terjadi sejak pagi hingga sore hari.

"Sementara malam hingga dini hari cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir," ujar Teguh, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Khofifah Gelar Rapat UMK 2022 Malam Ini, Besok Diputuskan!

2. Potensi banjir level waspada

Akhir Bulan, Hujan Diprakirakan Makin Deras Mengguyur JatimIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Dengan cuaca seperti ini, suhu udara di Jatim diprakirakan sekitar 15 hingga 33 derajat celcius dengan kelembapan udara di angka 65 sampai 100 persen. Selain itu, angin didominasi dari tenggara ke timur dengan kecepatan 05-30 kilometer perjam.

"Potensi banjir ada di level waspada," imbuhnya.

3. Situbondo hujan seharian

Akhir Bulan, Hujan Diprakirakan Makin Deras Mengguyur JatimIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Teguh menyebutkan, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan akan melanda wilayah Tuban, Nganjuk, Pacitan, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang pada pagi hari.

Selanjutnya, pada siang hingga sore hari, hujan deras akan ada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

"Untuk malam hari di wilayah Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Tuban, Jombang, Kabupaten Blitar, Situbondo, Bangkalan dan Sumenep. Dini hari di wilayah Banyuwangi," tutup Teguh.

Baca Juga: Risma Semangati Bocah Panti Korban Pelecehan Seksual di Jatim

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya