Sempat Tertunda, IAIN Tulungagung Gelar Wisuda Drive Thru

Selamat wisuda ya, guys!

Tulungagung, IDN Times - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung menggelar wisuda dengan sistem drive thru. Dengan menaiki kendaraan pribadi, para wisudawan hanya turun kendaraan untuk prosesi pemindahan kucir. Setelah itu mereka kembali ke kendaraan dan langsung pulang.

Prosesi wisuda secara drive thru ini dilakukan setelah pihak kampus sempat menunda pelaksanaan wisuda ke-27, karena pandemik corona yang belum berakhir. Setiap semester seharusnya mereka menggelar wisuda, namun sejak Maret lalu semua aktvitas di dalam kampus beralih ke daring.

1. 114 mahasiswa di wisuda secara online

Sempat Tertunda, IAIN Tulungagung Gelar Wisuda Drive ThruPeserta wisuda drive thru di IAIN Tulungagung, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Rektor IAIN Tulungagung, Prof, Dr Maftukhin menjelaskan, terdapat 1582 peserta wisuda drive thru ini. Mereka berasal dari jenjang S1, S2 dan S3. Selain dengan sistem drive thru, mereka juga memwisuda 114 peserta secara online. Wisuda secara online ini dilakukan karena peserta tidak bisa datang ke lokasi acara dengan alasan jarak yang jauh. Rata-rata mereka yang wisuda online ini berada di luar pulau Jawa.

"Untuk wisuda ke-27 ini kami gelar dengan sistem drive thru dan online, mereka yang online mayoritas mahasiswa dari luar pulau," ujarnya, Selasa (10/11/2020).

2. Sempat tertunda pelaksanaan wisuda

Sempat Tertunda, IAIN Tulungagung Gelar Wisuda Drive ThruPeserta wisuda drive thru di IAIN Tulungagung, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Selama musim pandemik ini, semua sistem perkuliahan hingga sidang skripsi dan tesis semua dilakukan secara online. Sesuai jadwal akademik, pihak kampus seharusnya melakukan wisuda antara bulan April hingga Juli lalu. Setelah melakukan sejumlah koordinasi mereka baru bisa menggelar wisuda kali ini. Banyaknya jumlah wisudawan membuat panitia membagi pelaksanaannya dalam 4 hari.

"Wisuda ke-27 ini digelar selama empat hari mulai 10 hingga 14 November. Kalau dijadikan satu hari jumlahnya tidak muat untuk menampung kendaraan," imbuhnya.

Baca Juga: Antisipasi Corona, IAIN Tulungagung Lakukan Perkuliahan Jarak Jauh

3. Euforia kurang terasa, bersukur masih bisa wisuda

Sempat Tertunda, IAIN Tulungagung Gelar Wisuda Drive ThruPeserta wisuda drive thru di IAIN Tulungagung, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Pelaksanaan wisuda drive thru ini meninggalkan kesan bagi sejumlah wisudawan. Shofi Khoirun Nisak, wisudawati jurusan Hukum Tata Negara ini mengaku bersyukur masih bisa mengikuti prosesi wisuda, meski di tengah pandemik. Menurutnya prosesi wisuda ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.

"Kelebihannya ya itu bisa tetap wisuda, tapi kurangnya euforianya kurang terasa, tidak bisa berkumpul dengan teman teman usai prosesi dan kita langsung pulang," ucapnya.

Baca Juga: Pasien OTG Corona Dikarantina di Rusunawa IAIN Tulungagung

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya