RSUD dr Iskak Tulungagung Terima Pasien Terduga Corona dari Pacitan

Mempunyai riwayat perjalanan dari negara terpapar corona

Tulungagung, IDN Times - RSUD Dr Iskak Tulungagung kembali menerima pasien rujukan terduga virus corona COVID - 19. Pasien perempuan ini merupakan rujukan dari rumah sakit di Pacitan. Pasien mengeluhkan batuk dan pilek usai datang dari Hongkong. Dalam perjalanan pulang, pasien diketahui transit di Singapura. Ia pun kini dirawat di ruang isolasi.

1. Keluhkan batuk, pilek dan demam

RSUD dr Iskak Tulungagung Terima Pasien Terduga Corona dari PacitanPerawat masuk ruang isolasi di RSUD Dr Iskak Tulungagung, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Direktur RSUD Dr Iskak Tulungagung, Dr Supriyanto menjelaskan pasien tiba pada Jumat (13/03) malam. Saat datang pasien dalam kondisi tubuh tinggi, disertai batuk dan pilek. Karena pasien mempunyai riwayat perjalanan baru pulang dari negara terpapar virus corona, sesuai SOP pasien langsung dirawat di ruang isolasi. "Pasien merupakan rujukan dari Pacitan dan mempunyai riwayat perjalanan pulang dari negara yang terpapar corona," ujarnya, Sabtu (14/03).

2. Imbau masyarakat tidak panik

RSUD dr Iskak Tulungagung Terima Pasien Terduga Corona dari PacitanPerawat melihat kondisi pasien terduga corona, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Hingga saat ini, tim medis masih melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan pasien. Mereka juga telah mengambil sampel swab, untuk dikirim ke laboratorium Kemenkes di Jakarta.

Hasil uji laboratorium ini diperkirakan bisa diketahui dalam lima hari kedepan. "Masyarakat tidak perlu panik dan tetap tenang, apa yang kita lakukan sesuai dengan standart operasional penanganan virus corona," imbuhnya.

3. Belum ada positif corona di Tulungagung

RSUD dr Iskak Tulungagung Terima Pasien Terduga Corona dari PacitanDirektur RSUD Dr Iskak Tulungagung, Dr Supriyanto, IDN Times / istimewa

Sebelumnya, RSUD Dr Iskak telah merawat dua pasien terduga virus corona COVID-19. Mereka berasal dari Kabupaten Kediri dan Tulungagung. Keduanya mengalami sakit usai pulang dari negara terpapar corona yakni Hongkong dan Korea Selatan. Sesuai hasil uji laboratorium, kedua pasien ini dinyatakan negatif dan langsung pulang. " Hingga saat ini belum ada yang positif terkena virus corona," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab Tulungagung Anggarkan Rp1,8 M untuk Penanganan Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya