Diduga Frustasi, Difabel di Tulungagung Loncat ke Sumur

Ia tak mau keluar meski dibujuk keluarga

Tulungagung, IDN Times - Seorang penyandang disabilitas di Kabupaten Tulungagung nekat menceburkan diri ke dalam sumur. Penyadang disabilitas tuli ini diketahui berinisial Z (20), warga Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung. Meskipun telah dibujuk oleh orang tuanya namun Z tetap tidak mau keluar dari sumur. Tim Damkar yang tiba memutuskan untuk melakukan evakuasi paksa, karena Z sudah terlalu lama berada di dalam sumur.

1. Berusaha dibujuk oleh keluarga namun gagal

Diduga Frustasi, Difabel di Tulungagung Loncat ke SumurZ usai dievakuasi paksa oleh tim Damkar. IDN Times/ istimewa

Kapolsek Kedungwaru, AKP Siswanto menerangkan & diketahui masuk ke dalam sumur sedalam 8 meter ini sekitar pukul 05.30 WIB. Kedua orangtuanya mengetahui langsung anak mereka masuk ke dalam sumur. Keduanya lalu berusaha membujuk agar Z mau keluar dari sumur tersebut.

"Sekitar pukul 07.00 WIB mereka melaporkan ke Polisi dan kami juga ikut membantu membujuknya," ujarnya, Selasa (11/01/2022).

Baca Juga: Pria di Tulungagung Tewas Setelah Terjatuh dari Ketinggian 12 Meter

2. Terlalu lama dalam air, petugas lakukan evakuasi paksa

Diduga Frustasi, Difabel di Tulungagung Loncat ke SumurProses evakuasi anak berkebutuhan khusus yang masuk ke dalam sumur. IDN Times/ istimewa

Upaya untuk membujuk Z tidak berhasil. Mereka kemudian menghubungi Tim Damkar untuk meminta bantuan. Z sempat berontak saat hendak dievakuasi. Tim kemudian meletakkan tangga dan ikut membujuknya agar mau keluar dengan naik tangga tersebut. Namun hingga pukul 12.00 WIB, Z tetap tidak mau keluar sumur. Tim Damkar lalu memutuskan melakukan evakuasi paksa. Mereka memasang tali sling pada tubuh korban dan menariknya.

"Dilakukan evakuasi paksa karena kami khawatir korban terlalu lama berada di dalam air, dan ini sangat berbahaya," tuturnya.

3. Diduga frustasi dan halusinasi

Diduga Frustasi, Difabel di Tulungagung Loncat ke SumurProses evakuasi anak berkebutuhan khusus yang masuk ke dalam sumur. IDN Times/ istimewa

Proses evakuasi ini membutuhkan waktu 30 menit. Setelah z dievakuasi mereka kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan. Hasilnya Z dinyatakan sehat. Polisi menduga Z mengalami frustasi dan halusinasi sehingga nekat masuk ke dalam sumur. Meskipun begitu mereka tetap akan menyelidiki kasus ini.

"Dugaan sementara motif Z masuk ke dalam sumur ini karena depresi dan mengalami halusinasi," pungkasnya.

Baca Juga: Kejari Tulungagung Terima Pengembalian Uang Kerugian dari Kontraktor

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya