Comscore Tracker

Viral Polisi Dangdutan, Propam Polda Jatim Panggil Dua Perwira

Usut 2 video polisi dangdutan, di Tulungagung dan Pasuruan

Surabaya, IDN Times - Propam Polda Jatim telah memanggil dua perwira menengah (pamen). Adalah Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Andhika Mizaldy Lubis dan eks Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Achmad Rakhmatullah Dwi Nugroho.

Keduanya diduga menjadi sosok di balik layar terselenggaranya Malam Keakraban Satlantas Polres Pasuruan. Acara tersebut viral setelah muncul video yang mempertontonkan para polisi berjoget diiringi musik dangdut, tanpa mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, Propam Polda Jatim dipastikan juga mendalami video dangdutan serupa yang terjadi di Tulungagung. Yakni ketika perpisahan Kapolsek Gondang. Di video itu, para polisi yang terbuai dalam alunan musik tampak berdempetan, tidak menjaga jarak.

1. Polda akan menindak sesuai aturan yang berlaku

Viral Polisi Dangdutan, Propam Polda Jatim Panggil Dua PerwiraVideo dangdutan di Mapolsek Gondang, Tulungagung. Twitter.com/fktmb

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko memastikan bahwa pihaknya serius menangani perkara tersebut. Meski belum menjelaskan sanksi apa yang akan dijatuhkan, namun Trunoyudo menjami bahwa pihaknya akan menerapkan aturan yang berlaku.

"Iya, telah didalami kedua kejadian tersebut oleh Propam Polda Jatim. Selanjutnya masih dalam periksa dan sekaligus penerapan dua aturan, baik Internal terkait kedisiplinan maupun perda yang berlaku di masing-masing daerah," jelas Trunoyudo dikonfirmasi IDN Times, Senin (5/10/2020).

2. Pastikan ada pendisilpinan dari polda terhadap oknum yang langgar prokes

Viral Polisi Dangdutan, Propam Polda Jatim Panggil Dua PerwiraVideo dangdutan di Mapolsek Gondang, Tulungagung. Twitter.com/fktmb

Pendalaman dan pemeriksaan yang dilakukan Propam, lanjut Trunoyudo, merupakan instruksi langsung dari Kapolda Jatim, Irjen Pol M. Fadil Imran. Nantinya, polda akan menegakkan kedisiplinan bagi para anggotanya yang tidak mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemik COVID-19.

"Kapolda sudah perintahkan fungsi pengawas. Termasuk penekanan kembali kepada fungsi Propam (agar) melakukan pengawasan dan penegakan disiplin kembali di internal Polda Jatim dan jajarannya, agar patuh protokol kesehatan," kata dia.

Baca Juga: Kasat Sabhara dan Kapolres Blitar Mediasi, Polda Jatim: Miskomunikasi

3. Video polisi dangdutan di Tulungagung dan Pasuruan viral

Viral Polisi Dangdutan, Propam Polda Jatim Panggil Dua PerwiraPotongan video dangdutan Satlantas Polres Pasuruan. IDN Times/Dok. Isimewa

Sebagai informasi, video saat prosesi perpisahan Kapolsek Gondang, AKP Siswantoro banyak menjadi perbincangan netizen. Para polisi yang masih mengenakan seragam cokelat tampak asik berjoget diiringi musik dangdut yang berdendang. Ada pula yang mengenakan seragam bertuliskan "Reskrim". Seakan terbuai dalam irama, para polisi tersebut tidak menjaga jarak.

Paur Subbag Humas Polres Tulungagung, Iptu Nenny Sasongko, Minggu (4/10/2020). Nenny mengungkapkan, dangdutan di Mapolsek Gondang itu berlangsung pada 9 Agustus 2020 lalu.

"Acara itu sudah lama sebenarnya, namun baru viral akhir akhir ini," ungkapnya.

Sementara itu di Pasuruan, video yang mempertontonkan polisi berjoget juga menuai kecaman banyak warganet. Mereka tampak mengabaikan protokol kesehatan. Ada yang memakai masker, ada juga yang tidak.

Acara tersebut merupakan Malam Keakraban Satlantas Polres Pasuruan. Jabatan Kasatlantas Polres diketahui memang baru saja berganti dari  AKP Achmad Rakhmatullah Dwi Nugroho ke AKP Andhika Mizaldy Lubis. Acara tersebut berlangsung pada Sabtu malam, 3 Oktober 2020.

Baca Juga: Menyayat Nurani! Viral Polisi Dangdutan di Tulungagung dan Pasuruan 

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya