Comscore Tracker

Tiga Kader Demokrat di Jatim Diduga Hadiri KLB Moeldoko

Mereka langsung direposisi

Surabaya, IDN Times -  Tiga pengurus DPC Partai Demokrat di wilayah Jawa Timur (Jatim) harus dievaluasi oleh Plt DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak. Ketiganya diduga datang ke Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang yang menetapkan Moeldoko sebagai ketua umum (ketum).

“Ada unsur DPC, istilahnya sempat terpapar ikut di KLB di Deli Serdang. Beberapa orang, bisa dihitung pakai jari, satu tangan,” ujarnya, Rabu (10/3/2021).

1. Kader yang datang dari Demokrat Ngawi dan Sumenep

Tiga Kader Demokrat di Jatim Diduga Hadiri KLB MoeldokoKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dinilai ilegal di Jakarta, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kader DPC yang datang ke KLB yaitu dari Demokrat Ngawi dan Sumenep. Emil memastikan semuanya belum dipecat, hanya reposisi atau dipindah jabatan saja. Keterangan sementara yang diterima Emil, mereka tidak serius saat hadir di acara KLB. Bahkan mereka disebut sudah sadar dan mengakui kesalahan.

"Siapa pun yang mendukung (KLB) yang didukung itu konsep melanggar etika organisasi, itu sebabnya mereka di-replace," tegasnya.

2. Kader yang datang siap beri kesaksian

Tiga Kader Demokrat di Jatim Diduga Hadiri KLB MoeldokoPendiri Partai Demokrat Etty Manduapessy (tengah) didampingi para kader lainnya menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Endi Ahmad

Emil yang juga menjabat Wakil Gubernur Jatim ini juga membeberkan bahwa kader yang datang KLB telah memberikan kesaksian. Mereka yang ke sana, menyaksikan bagaimana situasi di KLB sangat tidak sesuai harapan dan merasa prosesnya bukan kongres formil resmi dan serius.

"Mereka kemudian berkenan untuk memberi testimoni dan mendukung upaya kepengurusan Demokrat yang sah, bergabung bersama kami untuk mempertahankan," ungkapnya.

Baca Juga: Elit Demokrat Jatim Geruduk Kemenkumham, Serahkan Surat Tolak KLB

3. KLB menetapkan Moeldoko sebagai Ketum

Tiga Kader Demokrat di Jatim Diduga Hadiri KLB MoeldokoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Seperti diketahui, beberapa bekas elit Partai Demokrat seperti Jhoni Alen Marbun dan Nazarudin ada dalam KLB Partai Demokrat di Hotel The Hill, di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). KLB itu menetapkan Moeldoko sebagai ketua umum yang baru menggantikan AHY. Namun segera ditolak Susilo Bambang Yudhoyono dan AHY.

Baca Juga: Partai Demokrat KLB, Emil : Jatim Tak Akui Hasil KLB Ilegal

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya