Comscore Tracker

Tak Mau Kalah, Mantu Pakde Karwo Didukung 32 DPC pada Musda Demokrat

Wow, bersaing sama Mas Emil nih!

Surabaya, IDN Times - Musyawarah Daerah (Musda) DPD Demokrat Jawa Timur (Jatim) ke-VI tampaknya akan berjalan alot. Pasalnya, ada dua tokoh muda yang menjadi kandidat Ketua DPD Demokrat Jatim. Yakni Plt Ketua, Emil Elestianto Dardak dan Sekretaris, Bayu Airlangga.

Jika di kubu Emil ada klaim 10 DPC memberi dukungan. Maka di kubu Bayu Airlangga justru menyebut telah didukung 32 DPC Demokrat di Jatim. Padahal, jumlah DPC Demokrat di Jatim sesuai dengan kabupaten/ kota. Yakni 38 DPC saja. Bayu merupakan menantu Soekarwo mantan Gubernur dan Ketua DPD Demokrat Jatim

1. Yakin AHY dengarkan aspirasi mayoritas DPC yang bermuara dukungan ke Bayu

Tak Mau Kalah, Mantu Pakde Karwo Didukung 32 DPC pada Musda DemokratKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dinilai ilegal di Jakarta, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Ketua DPC Demokrat Gresik, Edi Santoso, menanggapi aturan teknis pemilihan ketua dalam musda yang keputusan finalnya ada di tangan DPP. Menurut Edi, hal itu sejalan dengan platform perjuangan Partai Demokrat adalah demokrasi. Karena itu, dalam musda seharusnya menjunjung tinggi demokrasi agar sejalan dengan pembukaan AD/ART dan Pasal 4 ayat 4.

"Saya percaya, Mas Ketum AHY akan mendengarkan mayoritas aspirasi para Ketua DPC yang berjuang di akar rumput," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (19/1/2022).

2. Sebut Bayu ialah calom yang sah

Tak Mau Kalah, Mantu Pakde Karwo Didukung 32 DPC pada Musda DemokratBayu Airlangga. Instagram.com/mudamudidemokrat

Ketua DPC Sampang, Abdus Salam menilai, dukungan dari 32 DPC kepada Bayu sebagai tanda kebangkitan Demokrat menghadapi agenda politik 2024. "Bagi saya calon yang sah dalam Musda VI hanya Bayu," tegasnya. Keyakinan Agus itu didasari pada Peraturan Organisasi (PO) No : 02/DPP-PD/V/2021.

PO itu menyatakan, bakal calon Ketua DPD Partai Demokrat hasil penjaringan yang akan diajukan dalam musda, diputuskan dan ditetapkan Partai Demokrat selambat-lambatnya tujuh hari sebelum pelaksanaan musda. "Hingga saat ini yang sudah mendaftar hanya Bayu, padahal musda digelar 20 Januari 2022 besok,” tegasnya.

Baca Juga: Jelang Musda Demokrat Jatim, Bayu Airlangga Serahkan Berkas Dukungan

3. Berharap Bayu terpilih dengan proses demokrasi

Tak Mau Kalah, Mantu Pakde Karwo Didukung 32 DPC pada Musda DemokratBayu Airlangga saat kirim berkas dukungan menjadi Bakal Calon Ketua DPD Demokrat Jatim. Dok. Istimewa.

Salam bahkan menyebut kalau Bayu sebagai calon tunggal dalam Musda VI. Dia beharap agar musda digelar secara demokrasi. Seperti yang tertera dalam AD/ ART partai berlambang bintang mercy ini. Nantinya, hasil musda tak hanya untuk kepentingan kader dan pengurus. Tapi juga rakyat.

“Yang bahkan dengan sangat gamblang ditulis di pembukaan AD/ART Partai Demokrat alinea  6 dan 10 serta dipertegas kembali dalam Pasal 4 ayat 4 Anggaran Dasar tentang platform perjuangan Partai Demokrat adalah Demokrasi," pungkas dia.

Baca Juga: Namanya Mencuat pada Survei Pilwali, Bayu Airlangga Pilih Fokus Pileg

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya