Survei Elektabilitas Pilkada Jatim, Khofifah Masih Tertinggi

Pengentasan kemiskinan masih jadi PR Khofifah-Emil

Surabaya, IDN Times - Sejumlah figur yang berpotensi pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) mencuat dalam hasil survei yang dirilis Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI). Mulai petahana saat ini, Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya, Emil Elestianto Dardak; Menteri Sosial, Tri Rismaharini; Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf; serta Menteri Desa, Abdul Halim.

1. Khofifah dapat 31,5 persen

Survei Elektabilitas Pilkada Jatim, Khofifah Masih TertinggiGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa lantik pejabat tinggi pratama di lingkungan pemprov secara hybrid. Instagram/@khofifah.ip

Berdasarkan survei ARCI ada 20 figur yang dimunculkan. Nah, untuk lima besar, elektabilitas Khofifah Indar Parawansa menjadi yang tertinggi yakni sebesar 31,5 persen, disusul Emil Dardak sebesar 8,2 persen, Tri Rismaharini sebesar 7,1 persen, Saifullah Yusuf sebesar 6,5 persen dan Abdul Halim Iskandar 4,7 persen.

Masih tingginya pilihan responden kepada petahana ini tidak lepas dari survei kepuasan publik yang juga dilakukan ARCI. Pada sektor layanan birokrasi Pemprov Jatim, kepuasan publik terhadap kinerja Khofifah-Emil mencapai 80,5 persen.

Kemudian di sektor kualitas layanan kesehatan di Jatim, kepuasan publik terhadap kinerja Khofifah-Emil mencapai 80,7 persen. Lalu di sektor pendidikan Jatim, kepuasan publik mencapai 79,6 persen.

"Publik juga puas atas kondisi politik, keamanan, dan sosial di Jatim. Angkanya mencapai 81,5 persen. Itu artinya, publik merasa Jatim ini adem ayem, guyub rukun," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt.

Baca Juga: Minyak Langka di Pasaran, Khofifah : Produksi di Pabrik Surplus

2. Pengentasan kemiskinan masih jadi PR Khofifah-Emil

Survei Elektabilitas Pilkada Jatim, Khofifah Masih TertinggiIlustrasi Kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kendati begitu, Baihaki menyebut bahwa masih ada ada sejumlah hal yang perlu ditingkatkan Khofifah-Emil di Jatim. Khususnya dalam pengentasan kemiskinan serta kesejahteraan rakyat.

"Ada harapan masyarakat terhadap Khofifah-Emil agar terus meningkatkan penanganan untuk pengentasan kemiskinan serta peningkatan usaha mikro dan dan menengah (UMKM)," ungkapnya.

"Masyarakat juga berharap agar Pemprov Jatim terus sensitif terhadap harga kebutuhan pokok," dia menambahkan.

3. Survei dilakukan 15-27 Januari 2022 dengan 1.200 responden

Survei Elektabilitas Pilkada Jatim, Khofifah Masih TertinggiElektabilitas figur untuk Pilkada Jatim. Dok. ARCI

Survei ARCI sendiri dilakukan pada 15-27 Januari 2022. Survei ini menggunakan mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200. Margin of error sebesar 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Khofifah Minta Perkumpulan Berbasis Agama di Jember Diawasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya