Pemprov Usul 6.141 Guru SMA/SMK Jatim Diangkat PPPK

Mereka sudah lolos passing grade saat tes tahun 2021

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mengusulkan 6.141 guru honorer SMA/SMK agar diangkat sebagai guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. Para guru ini sebenarnya sudah lolos passing grade dalam usulan formasi PPPK  Tahun 2021.

"Kita akan tuntaskan 6.141 Guru yang Lolos Passing Grade untuk diusulkan tahun ini (2023). Semoga ini menjadi ikhtiar kita untuk memberikan kepastian status kepegawaian  kepada para Guru", ujar Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (9/5/2023).

Mengingat berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022 dinyatakan bahwa rekrutmen PPPK Guru dilakukan dengan mekanisme prioritas bagi Guru yang telah lolos Passing Grade pada seleksi PPPK Tahun 2021 dengan urutan Eks THK-II, Guru Honorer Negeri, Lulusan Pendidikan Profesi Guru dan Guru Honorer Swasta.

Pengajuan guru menjadi PPPK ini, kata Khofifah, merupakan bentuk terima kasih teruntuk para guru. Khofifah mengingatkan guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang telah mengabdi dan berjuang untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Terlebih, melalui perjuangan para guru itulah, sebut Khofifah, selama empat tahun berturut-turut lulusan SMA/ SMK Jatim berada di peringkat pertama nasional diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa tes melalui Seleksi Nasional Bedasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2023.

“Betapa tidak selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2020 - 2023 siswa-siswi di Jatim diterima di PTN negeri tertinggi tanpa tes di antara provinsi lain se-Indonesia,” ungkapnya.

“Semoga ini menjadi bagian penguat semangat untuk tetap memberikan yang terbaik untuk masyarakat, bangsa dan negara. Utamanya untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa di Jawa Timur," pungkasnya.

Baca Juga: Surabaya Tambah 800 Guru, Diusulkan PPPK

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya