Pemkot Mulai Gunakan Thermal Scanner di Terminal Surabaya

Usulkan cuci tangan portable di tempat parkir

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengantisipasi merebaknya virus corona yang dikabarkan telah masuk Indonesia. Beberapa tindakan pencegahan pun dilakukan. Salah satunya pemasangan alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner di terminal hingga hand sanitizer di kantor pemerintahan.

1. Mulai gunakan thermal scanner di terminal

Pemkot Mulai Gunakan Thermal Scanner di Terminal SurabayaKepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad. IDN Times/Fitria Madia

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan pemasangan antisipasi virus corona mendapat atensi khusus dari Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Dia mengaku juga menerima instruksi langsung agar koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes).

"Insyaallah hari ini atau besok kami sudah menggunakan thermal detector di terminal-terminal dan juga penumpang Suroboyo Bus," ujarnya saat ditemui di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Kamis (5/3).

2. Sudah dapat 25 unit dari dinkes

Pemkot Mulai Gunakan Thermal Scanner di Terminal SurabayaPembangunan Jembatan Joyoboyo, Kamis (5/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Irvan mengatakan bahwa saat ini telah mendapat bantuan sebanyak 25 unit thermal scanner dari Dinkes. Nantinya, helper maupun petugas terminal Dishub akan mendeteksi suhu tubuh penumpang.

"(Karena) terminal yang paling banyak kedatangan dari luar kota. Seperti Surabaya, Tambakyoso. TIJ ini lebih banyak untuk parkir dan angkot, dan ini juga lokal. Jadi yang kita scanning yang dari luar kota," jelas Irvan.

3. Usulkan cuci tangan portable di tempat parkir

Pemkot Mulai Gunakan Thermal Scanner di Terminal SurabayaIDN Times/Reja Gussafyn

Selain thermal scanner, Irvan memastikan di kantor pemerintahan juga sudah disediakan hand sanitizer. Bahkan, pihaknya mengusulkan ke Dinas Cipta Karya agar semua pintu masuk tempat parkir dilengkapi fasilitas cuci tangan.

"(Mengajukan) itu ada portable cuci tangan. Kalau hand sanitizer susah, masih ada alternatif menggunakan sabun untuk cuci tangan," pungkasnya.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Pemprov Jatim Pertimbangkan Tambah Thermal Scanner

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya