MUI Jatim Imbau di Rumah, Masjid Al-Akbar Tetap Gelar Salat Idulfitri

Yang mau salat di sini harus daftar secara daring

Surabaya, IDN Times - Masjid Al-akbar Surabaya (MAS) tetap akan menggelar Salat Idulfitri berjemaah meski ada imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk salat di rumah. Sejumlah persiapan dimatangkan, aturan pelaksanaannya juga akan diperketat agar tidak ada penyebaran COVID-19.

1. Hanya sediakan kuota 15 persen, calon jemaah wajib daftar daring

MUI Jatim Imbau di Rumah, Masjid Al-Akbar Tetap Gelar Salat IdulfitriPenyemprotan Disinfektan di Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (17/3). (Dok. Humas Masjid Al Akbar)

Salah satu yang menjadi fokus pengurus masjid dalam Salat Idulfitri ialah pembatasan kuota jemaah, supaya tidak menimbulkan kerumunan. Nah, kuota yang disediakan hanyalah 15 persen dari total kapasitas 40 ribu jemaah. Artinya, hanya menampung enam ribu jemaah saja.

Untuk mendapatkan slot kuota tersebut, pihak MAS mewajibkan calon jemaah daftar secara daring. Pendaftaran bisa dilakukan secara kolektif. Apabila sudah diverifikasi, mereka akan mendapat nomor.

"Lalu mereka akan mendapatkan nomor kuota, lalu mereka akan mengambil id card dan wajib dikenakan seat salat," ujar Humas MAS, Helmy M. Noor, Kamis (29/4/2021).

2. Jemaah kesulitan daftar akan dibantu

MUI Jatim Imbau di Rumah, Masjid Al-Akbar Tetap Gelar Salat IdulfitriPenyemprotan Disinfektan di Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (17/3). (Dok. Humas Masjid Al Akbar)

Lebih lanjut, bagi jemaah yang mengalami kesulitan untuk mendaftar, pihak MAS akan mendampingi dan membantu proses pendaftaran hingga rampung. Karena sudaj ada 300 petugas atau relawan yang disiapkan. Tujuannya, supaya masyarakat bisa mudah untuk salat.

"Sekali lagi, kami tidak mempersulit orang untuk sholat Idulfitri, justru kami mempermudah dan membuat nyaman. Oleh karena itu, mumpung ada waktu dan pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu apabila kota 15 persen sudah terpenuhi," kata Helmy.

Baca Juga: Masjid Al Akbar Gelar Upacara, Peserta akan Memakai Busana Daerah 

3. Ingatkan disiplin prokes dan bawa kresek saat salat

MUI Jatim Imbau di Rumah, Masjid Al-Akbar Tetap Gelar Salat IdulfitriInfografik tata cara salat idulfitri (IDN Times/Arief Rahmat)

Tak lupa, Helmy mengingatkan kepada seluruh calon jemaah wajib menerapkan protokol kesehatan saat Salat Idulfitri. Seperti memakai masker, memakai face shield jika punya dan membawa kantung plastiik atau tas kresek.

"Jemaah wajib membawa sendal atau alas kaki wajib dibawa masuk. Sehingga, setelah salat, jamaah bisa langsung pulang, tanpa mencari alas kaki yang berpotensi menimbulkan kerumunan," pungkas dia.

Baca Juga: Nuzulul Quran, Masjid Al-Akbar Siapkan Doa Bersama Buat Kru Nanggala

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya