Comscore Tracker

Lebih dari 400 Ribu Rumah di Jatim Belum Teraliri Listrik

Gini kok mau program kompor listrik...

Surabaya, IDN Times - Listrik di Jawa Timur (Jatim) masih belum merata. Tercatat, ada sebanyak 444.782 rumah tangga miskin yang belum teraliri listrik. Padahal aturan konversi listrik sudah dikeluarkan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Jatim, Nurkholis.

1. Sudah alokasikan anggaran khusus untuk listrik sejak 2019

Lebih dari 400 Ribu Rumah di Jatim Belum Teraliri ListrikIlustrasi Listrik. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebenarnya, kata Nurkholis, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim telah mengalokasikan anggaran untuk pemasangan listrik gratis. Alokasi pada tahun 2019 sebesar Rp14,2 miliar untuk 9474 rumah tangga penerima manfaat. Tahun 2020 alokasi anggarannya Rp1,7 miliar dengan 1115 penerima manfaat.

“Bahkan program gubernur tidak sekedar menyambungkan listrik tapi juga instalasi milik pelanggan dan diberi token senilai Rp300 ribu,” ujarnya, Kamis (6/10/2022).

2. Anggaran menurun ketika pandemik COVID-19 merebak

Lebih dari 400 Ribu Rumah di Jatim Belum Teraliri ListrikIlustrasi harga tarif listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Nurkholis mengakui bahwa alokasi anggaran dua tahun saat pandemik COVID-19 tidak sebesar tahun 2019. Tahun 2021 sebesar Rp1,8 miliar dengan 1112 penerima manfaat. Dan  tahun 2022 sebesar Rp4,8 miliar dengan 2700 penerima manfaat

“Penurunan anggaran terjadi karena adanya wabah COVID19, sehingga anggaran Pemprov Jatim fokus pada penanganan COVID-19,” kata Nurkholis.

"Hanya saja pemerintah kabupaten/kota kurang begitu aktif melakporkan rumah tangga masyarakatnya yang belum teraliri listrik,” dia menambahkan.

3. Pemkab/Pemkot diminta berperan aktif berikan data masyarakat yang belum dapat listrik

Lebih dari 400 Ribu Rumah di Jatim Belum Teraliri ListrikIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Nurkholis berharap agar pemerintah kabupaten/kota berperan aktif dalam memberikan data masyarakat di kabupaten/kota yang belum teraliri listrik. Supaya  persoalan tersebut bisa cepat tertangani.

“Dengan begitu jumlah rumah tangga yang belum teraliri listrik bisa terus berkurang,” pungkas dia.

Baca Juga: Sel Surya sebagai Sumber Listrik Alternatif ketika Listrik Mati

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya