Kurang dari 24 Jam, Dua Dosen Unesa Meninggal Dunia karena COVID-19

Keduanya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Surabaya, IDN Times - Kabar duka datang dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dua akademisi mereka meninggal dunia akibat COVID-19. Keduanya adalah Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) sekaligus dosen Prodi Sosiologi, Ari Wahyudi serta dosen Pendidikan Geografi, Murtedjo.

Baca Juga: Sempat Dirawat di Sidoarjo, Dosen UB Meninggal Dunia karena COVID-19 

1. Murtedjo meninggal Rabu malam, Ari wafat Kamis pagi

Kurang dari 24 Jam, Dua Dosen Unesa Meninggal Dunia karena COVID-19Dosen Unesa meninggal akibat COVID-19. Dokumentsi Humas Unesa

Kepala Humas Unesa, Vinda Maya Setianingrum membenarkan bahwa dua dosen dari FISH Unesa meninggal dunia berstatus positif terinfeksi virus SARS CoV-2. Murtedjo dilaporkan wafat pada Rabu (20/1/2021) malam. Sedangkan Ari meninggal Kamis (21/1/2021).

"Pak Murtedjo tadi malam, Pak Ari tadi pagi jam 08.00 WIB. Positif COVID-19," ujarnya saat dihubungi.

2. Sempat mengeluh dada sesak saat isoman dan akhirnya dirujuk ke rumah sakit

Kurang dari 24 Jam, Dua Dosen Unesa Meninggal Dunia karena COVID-19Dosen Unesa meninggal karena COVID-19. Dokumentasi Humas Unesa

Seminggu sebelum meninggal dunia, kata Vinda, dia mendapat informasi kalau mereka sempat berkomunikasi di WhastApp Group (WAG) penyintas COVID-19 Unesa. Nah, di obralan tersebut mereka mengeluh kalau dadanya sesak dan tidak bisa tidur. Keduanya pun waktu itu melakukan isolasi mandiri.

"Akhirnya dibawa ke RS (rumah sakit), Pak Ari di RS Mojokerto dan Pak Murtedjo di RSI Ahmad Yani (Surabaya)," kata dia.

3. Terakhir mengeluh saturasi oksigen drop

Kurang dari 24 Jam, Dua Dosen Unesa Meninggal Dunia karena COVID-19Vinda Maya Setianingrum, Humas Unesa dalam acaraSosialisasi Penerimaan Mahasiswa Unesa dari Wuhan Rabu (12/2). IDN Times/Tarida Alif

Saat ditanya apakah keduanya memiliki penyakit penyerta atau komorbid, Vinda belum membeberkannya lebih jauh. Yang jelas, keduanya mengeluh soal saturasi oksigen drop, keluar keringat dingin dan sulit tidur. Sampai akhirnya ada kabar kalau keduanya meninggal dunia.

"Kami tentu sangat kehilangan. Sedih karena COVID-19 benar-benar nyata di sekitar kita, bahkan teramat dekat," ungkapnya.

"Makanya kemarin Unesa menggelar doa bersama, dihadiri seluruh pimpinan. Untuk berdoa meminta kesehatan, kesembuhan , dan untuk saling menguatkan," pungkas Vinda.

Baca Juga: Diduga Klaster Keluarga, Dosen FK Unair Meninggal karena COVID-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya