Comscore Tracker

Jatim Punya Satgas Oksigen untuk Antisipasi Kelangkaan

Jangan sampai ada penimbunan oksigen lagi ya

Surabaya, IDN Times - Tabung oksigen medis beserta isinya menjadi barang yang sangat dibutuhkan di tengah lonjakan kasus COVID-19. Nah, untuk mengantisipasi kelangkaan akibat penyelewengan oknum nakal, Pemprov Jawa Timur (Jatim) telah punya Satgas Oksigen. Nantinya, satgas ini bertindak mengawasi sekaligus mengontrol pasokan hingga distribusi oksigen di Jatim.

Baca Juga: Permintaan Meningkat, Pasokan Oksigen di Wilayah Tuban Aman

1. Satgas akan berkoordinasi dengan perwakilan BUMN

Jatim Punya Satgas Oksigen untuk Antisipasi KelangkaanWakil Gubernur Jatim Emil Dardak. IDN Times/Margith Juita Damanik

Adanya Satgas Oksigen ini dibeberkan oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak ketika ia sedang meninjau salah satu pabrik pemasok gas industri terbesar di Indonesia, PT Linde Indonesia di Jalan Raya Roomo, Manyar, Gresik, Senin (12/7/2021) sore. Satgas Oksigen dibentuk oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

"Ibu Gubernur telah membentuk Satgas Oksigen yang akan berkoordinasi dengan perwakilan dari ekosistem BUMN terkait, termasuk smelting untuk kemudian bisa mengalokasikan dengan setepat-tepatnya," ujarnya.

"Ini terkondisikan lewat Satgas Oksigen. Jadi Satgas Oksigen nanti akan menentukan yang mana yang paling membutuhkan, InsyaAllah koordinasinya berlangsung baik," Emil menambahkan.

2. Berharap alokasi dan distribusi oksigen lancar

Jatim Punya Satgas Oksigen untuk Antisipasi KelangkaanIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Mantan Bupati Trenggalek ini berharap, proses alokasi dan pendistribusian oksigen di Jatim dapat berjalan lancar dan bisa membantu meringankan beban rumah sakit rujukan COVID-19. Apalagi saat ini sedang memerlukan sangat banyak suplai oksigen untuk perawatan pasien COVID-19.

"Mudah-mudahan ini bisa menolong situasi sekarang, dan menambah kapasitas perawatan di rumah sakit," harap Emil.

3. Polda awasi distribusi oksigen lewat Satgas Gakkum

Jatim Punya Satgas Oksigen untuk Antisipasi KelangkaanIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Selain Satgas Oksigen, kepolisian juga melakukan pengawasan terhadap pasokan oksigen melalui Satgas Gakkum. Terbukti, Satgas Gakkum Polda Jatim membongkar praktik penimbunan dan penjualan tabung oksigen medis beserta isinya dengan harga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Pelakunya ialah kakak adik di Sidoarjo.

Baca Juga: Bikin Geram! Kakak Adik Ini Timbun Tabung Oksigen di Tengah Kelangkaan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya