Hore! Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Ini Pesan Khofifah

Pastikan dokumen persyaratan pendaftaran lengkap semua ya

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka hari ini, Senin (11/11). Pemprov Jatim mendapat alokasi sebanyak 1.817 formasi. Rinciannya tenaga pendidik 1.133, tenaga kesehatan 322, dan tenaga teknis 362 formasi. Terdapat juga formasi khusus disabilitas 36 dan cumlaude 36 formasi.

1. Minta pelamar semangat dan berhati-hati

Hore! Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Ini Pesan KhofifahGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat diwawancarai di Gedung Grahadi, Jumat (1/11). IDN Times/Fitria Madia

Terkait hal itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan motivasi bagi para pelamar CPNS. Menurutnya, menjadi aparat PNS Jatim merupakan kesempatan untuk membangun Jatim maju dan unggul lebih cepat.

"Rekrutmen CPNS dilakukan terbuka, semua orang punya kesempatan yang sama. Jangan termakan rayuan orang yang mengatasnamakan pegawai pemprov/pemkab/pemkot ataupun kementerian/lembaga yang menjanjikan bisa masuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan imbalan sejumlah uang," ujar Khofifah saat menghadiri Dies Natalis ke-65 Universitas Airlangga (Unair), Senin (11/11).

2. Agar tidak ada yang tertipu oknum tak bertanggung jawab

Hore! Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Ini Pesan KhofifahIlustrasi CPNS. tsatic.net

Mantan Menteri Sosial melihat minat masyarakat Jatim mengikuti seleksi sangat tinggi. Ia tidak ingin ada yang tertipu oleh oknum tak bertanggung jawab. Ia juga berharap masyarakat semakin cerdas dalam menyaring berbagai informasi yang masuk.

"Pastikan informasi yang diterima dari kanal resmi milik pemerintah. Semisal website, bisa diidentifikasi dengan domain yang digunakan yakni go.id atau lewat media sosial pastikan akun tersebut telah terverifikasi sebagai official milik pemerintah. Khusus Jawa Timur pantau terus website milik BKD di laman http://bkd.jatimprov.go.id," terangnya.

Baca Juga: Khofifah Usulkan Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional

3. Semua terpusat di website

Hore! Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Ini Pesan KhofifahIlustrasi CPNS. Setkab.go.id

Ketum PP Muslimat NU ini juga menerangkan, pendaftaran CPNS dilakukan secara online dengan mengakses website Panitia Seleksi Nasional Pengadaan CPNS (Panselnas) http://sscasn.bkn.go.id. Ia meminta pelamar CPNS Pemprov Jatim untuk menyiapkan dengan baik seluruh berkas yang dibutuhkan sebelum mendaftar.

Pelaksanaan tes CPNS, lanjut Khofifah, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Penggunaan sistem CAT ini memungkinkan peserta langsung mengetahui hasil yang diperolehnya secara langsung setelah ujian selesai.

"Sistem ini meminimalisasi segala praktik kecurangan karena seleksi dilakukan secara transparan," bebernya.

4. Gubernur ikut kawal seleksi CPNS

Hore! Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Ini Pesan KhofifahGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sebuah acara di kota Batu. IDN Times/ Alfi Ramadana

Khofifah menegaskan bahwa dirinya akan ikut mengawal proses seleksi CPNS hingga selesai. Ia berharap seleksi CPNS Pemprov Jatim tahun ini menghasilkan ASN yang memiliki kualitas, kompetensi, dan integritas yang tinggi demi memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh masyarakat di Jatim.

"Pesan saya untuk seluruh putra-putri Jatim yang ikut seleksi, belajar lah sungguh-sungguh, berdoa dan jangan lupa meminta restu dari orang tua," pungkas gubernur kelahiran Surabaya itu.

Baca Juga: Mulai Dibuka, Siapkan 11 Dokumen Ini untuk Pendaftaran CPNS 2019

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya