Hari Kartini, Khofifah Masuk dalam 6 Tokoh Perempuan Berpengaruh

Congrats, bunda...

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa masuk dalam enam tokoh perempuan hebat masa kini versi Herworld. Khofifah berada di urutan keempat. Ia bersanding dengan Dubes Amerika Serikat untuk Arab Saudi, Putri Reema urutan pertama, ahli bedah dari Afrika.

Kemudian, Neema Kaseje di urutan kedua, pemenang Nobel Perdamaian asal Pakistan, Malala Yousefzai urutan ketiga, lalu keempat ada Khofifah, kelima ada fisikawan asal Amerika Serikat, Sabrina Pasterski dan keenam ditempati pebisnis dan juga advokat asal Amerika Serikat, Melinda Gates.

1. Khofifah beberkan ke publik masuk 6 tokoh berpengaruh di dunia

Hari Kartini, Khofifah Masuk dalam 6 Tokoh Perempuan BerpengaruhKhofifah Indar Parawansa (Dok. Pemprov Jatim)

Khofifah tampak bangga berada di deretan enam tokoh perempuan berpengaruh tersebut. Ia pun mengunggahnya di media sosial Instagram pribadi @khofifah.ip tepat peringatan Hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/2022).

"Terima kasih atas apresiasinya. Bagi saya layanan masyarakat yang saya lakukan selama ini tidak lain sebagai bentuk syukur sebagai perempuan Indonesia," tulisnya.

2. Tunjukkan bahwa perempuan Indonesia bisa bersaing di kancah internasional

Hari Kartini, Khofifah Masuk dalam 6 Tokoh Perempuan BerpengaruhGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Jembatan Ngaglik 1 Lamongan. Dok Humas Pemkab Lamongan

Khofifah mengaku ingin menunjukkan kepada dunia bahwa perempuan Indonesia memiliki kesempatan melakukan peran strategis. Seperti halnya dirinya yang pernah menjadi menteri, kemudian kini menjabat gubernur, ketua salah satu organisasi perempuan besar yakni Muslimat Nahdaltul Ulama (NU) dan ketua organisasi masyarakat terbesar di Indonesia yaitu PBNU.

"Perempuan Indonesia memiliki kesempatan luas memainkan peran-peran strategis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selamat Hari Kartini. Hidup perempuan Indonesia," tegas dia.

Baca Juga: Khofifah Sebut 89,61 Persen Jalan Provinsi Aman untuk Mudik

3. Pakar nilai Khofifah layak dapat apresiasi

Hari Kartini, Khofifah Masuk dalam 6 Tokoh Perempuan BerpengaruhPakar Komunikasi Unair, Suko Widodo. Dok. Humas Unair.

Sementara itu, Pakar Komunikasi Universitas Airlangga (Unair), Suko Widodo menilai Khofifah layak mendapatkan apresiasi. Menurut dia, Khofifah orang yang lurus dalam pengabdiannya kepada bangsa. "Beliau merupakan satu-satunya orang yang berani mengintrupsi pada saat sidang DPR di zaman orde baru," katanya.

"Itu menunjukkan sikap srikandinya yang siap memperjuangkan hak-hak rakyat, memperjuangkan ekonomi. Beliau memang luar biasa, memang konsisten," dia melanjutkan.

Suko menyebut, di era modern ini, sosok yang memiliki jiwa persis dengan RA Kartini ialah Khofifah. Sebagai pemimpin Khofifah dianggap memiliki pandangan dan pikiran yang dapat memajukan Indonesia, khususnya di Jatim. Dia juga menunjukkan etika santun saat berpolitik. Pendekatan ala Khofifah yang kultural menunjukkan kematangannya.

Baca Juga: Mengintip Fashion Gubernur Khofifah, Rekomendasi Oufit Lebaran

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya