Harga Cabai Rawit Kian Pedas, Cabai Besar dan Tomat Ikut-ikutan

Fenomena jelang Ramadan nih!

Surabaya, IDN Times - Harga sejumlah bahan pokok untuk bumbu dapur mengalami peningkatan. Terpantau, cabai rawit, cabai merah besar hingga tomat harganya merangkak naik. Kenaikan ini diduga faktor permintaan yang meningkat jelang Ramadan. Ditambah lagi cuaca ekstrem yang bikin petani gagal panen.

Kenaikan harga cabai rawit dirasakan warga Sumput, Driyorejo, Gresik, Sari (27). Dia bilang kalau harga cabai rawit terus naik tiap harinya. Pada Minggu (19/3/2023), dia mengaku beli cabai rawit seperempat kilogram sebesar Rp22.000.

"Hari ini (Senin) uda Rp24.000 per seperempat kilogram. Sekilonya (1 kg) bisa Rp95.000," ujarnya kepada IDN Times, Senin (20/3/2023).

Salah satu pembeli di Pasar Pucang, Surabaya, Dini menyebut kalau harga cabai rawit Rp75.000 per kg. Harga ini memang lebih rendah dari harga yang di Gresik. Tapi, besaran harga tersebut tetap dirasa mahal bagi pembeli. Karena mengalami peningkatan yang melejit tiap harinya.

"Di Pasar Pucang harganya Rp75.000 (per kg) tadi, dua hari lalu Rp70.000," bebernya.

Data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jawa Timur (Jatim) harga rata-rata cabai rawit merah Rp75.847 per kg. Harga rata-rata tertinggi di Lumajang Rp87.500 per kg. Sementara harga rata-rata terendah di Kota Blitar Rp69.000 per kg.

Lebih lanjut untuk harga rata-rata cabai merah besar sebesar Rp38.868 per kg. Harga rata-rata tertinggi di Ponorogo sebesar Rp48.500 per kg. Kemudian harga rata-rata terendah di Lamongan Rp31.000 per kg.

Sementara untuk harga tomat, harga rata-ratanya di Jatim Rp8.207 per kg. Harga rata-rata tertinggi Rp15.000 per kg di Surabaya. Kemudian harga rata-rata terendah di Blitar Rp5.500 per kg.

Wakil Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Jatim Nanang Triatmoko mengaku heran dengan melejitnya harga cabai rawit. Pasalnya sejak awal Maret, komoditas yang satu ini sedang panen raya. Dugaan sementara, naiknya cabai rawit banyak permintaan jelang Ramadan.

"Harus diakui kebutuhan terhadap bahan pokok saat Ramadan justru meningkat, misalnya untuk megengan, buka maupun sahur, bahkan para penjual makanan pun semakin marak saat ramadan," jelasnya. Saat ini, garga cabai rawit pada tingkat petani saat ini mencapai Rp55.000 per kg.

Kemudian untuk harga cabai besar pada tingkat petani, kata Nanang, mencapai Rp17.000 per kilogram. Harga tomat di petani Rp7.000 per kilogram. "Untuk cabai besar dan tomat ini banyak tanaman yang tiba-tiba mati karena cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Yakni hujan yang berkepanjangan kemudian tiba-tiba panas," katanya.

Nanang menegaskan, meskipun harga komoditas ini naik, bukan berarti para petani untung. Menurutnya cuaca yang tidak menentu membuat tanaman tidak maksimal. "Sehingga hasil produksinya juga tidak maksimal," beber dia.

Baca Juga: 7 Rekom Pemprov untuk Stabilisasi Harga Beras

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya