Gus Ipul dan AMIN Jatim Saling Klaim Suara Warga NU

Rame nih

Surabaya, IDN Times - Pernyataan Calon Wakil Presiden (Cawapre) Muhaimin Iskandar soal meragukan ke-NU-an Khofifah Indar Parawansa usai bergabung ke kubu paslon nomor urut 2, Prabowo - Gibran terus memanas. Kali ini giliran Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf ikut bicara.

Gus Ipul--sapaan karibnya- dalam video yang beredar secara tegas mengajak warga NU untuk ikut Khofifah saja, karena asli NU. Diketahui, Khofifah memang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur (Jatim) sekaligus Ketum PP Muslimat NU dan Ketua PBNU.

"Sederek-sederek kulo warga NU, diiiling-iling nggeh, nderek Bu Khofifah mawon. Asli NU (Saudara-saudara saya warga NU, diingat-ingat ya, ikut Bu Khofifah saja. Asli NU)," ujar Gus Ipul.

1. Gus Ipul benarkan video untuk merespons pihak yang meragukan ke-NU-an Khofifah

Gus Ipul dan AMIN Jatim Saling Klaim Suara Warga NUSekjen PBNU KH Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dalam rapat gabungan penunjukan Ketua PWNU Jawa Timur. (dok. PBNU/istimewa)

IDN Times mengonfirmasi kebenaran video yang beredar tersebut. Ternyata Gus Ipul menegaskan bahwa video itu ditujukan kepada orang yang telah meragukan ke-NU-an Khofifah. Orang tersebut tak lain adalah Cak Imin.

"Karena ada yg meragukan ke-NU-an orang lain," tegas pria yang juga Wali Kota Pasuruan ini.

Namun ketika ditanya tentang pernyataan untuk ikut Khofifah yang diindikasi mengarah agar mendukung ke paslon nomor urut 2, Gus Ipul enggan menjawabnya. Namun indikasi itu menguat karena Khofifah menyatakan dukungan sekaligus siap menjadi Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) Prabowo - Gibran.

Baca Juga: Timnas AMIN Bantah Cak Imin Rutin Kampanye di Jatim karena Khofifah 

2. Timprov AMIN yakin suara NU untuk AMIN

Gus Ipul dan AMIN Jatim Saling Klaim Suara Warga NUKeluarga Besar Nahdlatul Ulama Resmi Deklarasi Dukung Anies-Muhaimin pada Minggu (7/1/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Timprov Anies - Muhaimin (AMIN) Jatim, Fauzan Fuadi tidak khawatir dengan pernyataan dari Sekjen PBNU tersebut. Menurutnya, tidak akan mengubah suara warga NU yang telah memilih untuk mendukung AMIN.

"Tidak ada pengaruh. Warga NU InsyaAllah sudah cerdas dalam menentukan pilihan," katanya.

Politisi PKB ini menyampaikan, warga NU sudah sadar dan sangat mengerti kalau dari ketiga paslon presiden - wakil presiden, hanyalah Cak Imin yang merepresentasikan NU. Ia menyebut kalau AMIN terpilih, justru akan membuat NU semakin maju dan berwibawa.

"Mereka memilih karena Gus Imin merupakan satu-satunya representasi NU 24 karat. Justru kalau Gus Imin dan Pak Anies terpilih, NU akan semakin maju dan berwibawa," tegasnya.

3. Cak Imin keluarkan pernyataan di Blitar, Khofifah sudah tanggapi

Gus Ipul dan AMIN Jatim Saling Klaim Suara Warga NUGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan gedung baru dan aplikasi RSMM Jatim, IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Sebelumnya, pernyataan itu sendiri muncul saat Cak Imin saat dia kampanye di Blitar, Kamis (11/1/2024) lalu. Saat ditanya soal Khofifah yang dukung dan gabung dengan Prabowo - Gibran ia menjawab soal ideologi NU.

"Saya yakin rakyat bukan elite yang berideologi NU saya yakin pasti AMIN," ujarnya. "Orang yang punya idelologi NU pasti istikamah ke AMIN. Saya meragukan ke-NU-annya kalau tidak pilih AMIN," imbuhnya.

Khofifah pun merespons pernyataan Cak Imin. Dia justru berbalik tanya yang patut diragukan siapa. Sebab, Khofifah saat ini menjadi Ketum PP Muslimat NU.

"Jadi kalau saya Ketua Umum PP Muslimat NU, lalu kemudian ada yang meragukan ke-NU-an saya, harus dibalik, jadi yang meragukan yang mana," kata Khofifah usai menghadiri kegiatan Muslimat NU di Makassar, Minggu (14/1/2024).

"Mereka pernah berjuang di NU struktural "berapa lama, dalam konteks apa dan seterusnya?," tanyanya lagi. "Yang NU yang mana? Bahwa itu Mas Imin itu PKB. Jadi bedakanlah antara partai dan organisasi. Kalau saya ini loh ketua umum PP Muslimat NU. Biar itu dilabor dengan tujuh kali air sungai, tujuh kali air bunga ya tetap saya Ketua Umum PP Muslimat NU," ungkap Khofifah.

 

Baca Juga: PKB Bantah Cak Imin Rutin Kampanye di Jatim karena Khawatir ke Khofifah

Topik:

Berita Terkini Lainnya