Emil Sebut Jokowi Tanyakan Pembangunan Pembangkit Sampah

Sudah dapat insentif kok gak jalan-jalan

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elistianto Dardak membeberkan kalau Presiden Joko 'Jokowi' Widodo ingin Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) segera terealisasi. PLTSa ini diharapkan bisa segera memberikan dampak kepada masyarakat.

1. Emil sebut PLTSa sudah dapat insentif

Emil Sebut Jokowi Tanyakan Pembangunan Pembangkit SampahIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pembicaraan proyek PLTSa ini terjadi saat rapat terbatas (ratas) bersama presiden di Istana Bogor beberapa waktu lalu. Bahkan, Emil menyebut kalau Jokowi sempat menanyakan progres PLTSa Jatim yang ternyata sudah ada insentifnya.

"Ratas kemarin presiden bertanya, sudah dikasih insentif kok tidak jalan-jalan sampai hari ini pembangunannya," ujar Emil, Rabu (17/7).

2. PLTSa diminta jalan di empat daerah, salah satunya Surabaya

Emil Sebut Jokowi Tanyakan Pembangunan Pembangkit SampahIDN Times/Ardiansyah Fajar

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan, Jokowi juga meminta agar PLTSa berjalan di empat daerah terlebih dahulu sebagai pilot project alias proyek percontohan. Empat daerah yang dimaksud ialah Surabaya, Solo, Bekasi dan DKI Jakarta.

"Maka kemudian, dilihat satu per satu, dan kata presiden empat daerah dulu saja yang jalan," kata Emil.

Baca Juga: November, Surabaya Punya Pembangkit Tenaga Sampah Pertama di Indonesia

3. Langsung bicarakan dengan Risma

Emil Sebut Jokowi Tanyakan Pembangunan Pembangkit SampahIDN Times/Teatrika Handiko Putri

 

Karena berhubungan dengan Surabaya, suami Arumi Bachsin ini mengaku sudah berkomunikasi dengan Wali Kota Tri Rismaharini. Ia menyebut, kalau wali kota perempuan itu gayung bersambut terkait proyek PLTSa dan segera melakukan jual-beli listrik antara pengelola TPA Benowo dengan PLN.

Nah, PLTSa ini sebenarnya sudah ada di TPA Benowo Surabaya. Akan tetapi, pengelolaannya masih milik swasta. Maka dari itu, pemerintah akan mencoba melakukan jual-beli listrik di sini.

"Intinya pandangan kita sama bagaimana segera ada perjanjian jual beli listrik antara pengelola dari TPA Benowo dengan PLN," ungkap Emil.

4. Pemerintah pusat siap bantu teknologinya

Emil Sebut Jokowi Tanyakan Pembangunan Pembangkit SampahIlustrasi pembangkit listrik/Dok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

 

Apabila bisa dimaksimalkan, Emil membeberkan kalau pemerintah pusat akan memberikan insentif harga untuk teknologi PLTSa. Supaya, listrik yang dihasilkan masif dan dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

"Teknologi ini bukan teknologi murah dan presiden sudah memberikan insentif harga dari PLN yang menarik," pungkasnya.

Baca Juga: PLTSa Suwung di Denpasar Diharapkan Beroperasi 2021

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya