Elektabilitas Demokrat di Jatim Naik, Faktor Emil? 

Udah masuk 5 besar lho!

Surabaya, IDN Times - Figur Emil Elestianto Dardak masih menjadi magnet bagi Partai Demokrat di Jawa Timur (Jatim). Terbukti, elektabilitas partai berlambang bintang mercy ini terus mengalami peningkatan semenjak dinakhodai Emil versi survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

1. Selama 3 bulan, elektabilitas Demokrat terus naik

Elektabilitas Demokrat di Jatim Naik, Faktor Emil? Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah). (Dok. Partai Demokrat)

Berdasarkan hasil survei ARCI yang dirilis Senin (19/9/2022), elektabilitas Partai Demokrat di Jatim sebesar 9,7 persen. Elektabilitas tersebut Demokrat berada diposisi kelima di bawah Golkar 10,2 persen, Gerindra 15,4 persen, PDIP 16,1 persen dan PKB 16,8 persen.

Direktur ARCI, Baihaki Siraijt mengatakan, elektablitas yang dikantongi Demokrat melonjak tajam dari survei ARCI tiga bulan lalu yang menyebutkan Demokrat hanya meraih 6, 17 persen. "Kenaikan ini karena faktor keterkenalan dari Emil Dardak yang disukai generasi milenial," ujarnya.

Baca Juga: IMR 2022, Emil Dardak: Milennial Jangan Tinggalkan Sains

2. Emil disebut jadi faktor naiknya elektabilitas Demokrat

Elektabilitas Demokrat di Jatim Naik, Faktor Emil? Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat wawancara khusus di kediamannya bersama reporter IDN Times Ardiansyah Fajar. IDN TImes/Zumrotul Abidin.

Menurut Baihaki, sosok Emil yang direpresentasikan sebagai figur yang muda dan cerdas mampu menarik suara milenial untuk memilih Partai Demokrat. "Emil faktor yang muda dan cerdas. Ini yang menjadi faktor utama. Memang ini berperan penting membuat Demokrat naik siginifikan," dia menambahkan.

Kendati begitu, Emil masih perlu kerja keras untuk bisa mendongkrak suara partainya di Jatim. Baihaki bilang, masih ada peluang bagi Demokrat untuk bisa meningkatkan eletabilitasnya bahkan mengkudeta Golkar. Mengingat selisihnya hanya 0,5 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan mencapai 10,3 persen.

3. Survei ARCI libatkan 1.200 responden di Jatim

Elektabilitas Demokrat di Jatim Naik, Faktor Emil? Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama kader Demokrat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September 2022 di seluruh 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error sebesar 2,8 persen.

Berikut hasil survei ARCI elektabilitas parpol di Jatim:

1. PKB: 16,8 persen
2. PDI Perjuangan: 16,1 persen
3. Gerindra: 15,4 persen
4. Golkar 10,2 persen
5. Demokrat: 9,7 persen
6. NasDem: 6,3 persen
7. PPP: 4,1 persen
8. PKS: 3,9 persen
9. PAN: 2,9 persen
10. Perindo: 2,3 persen
11. PSI: 1,5 persen
12. Gelora: 0,5 persen
Tidak menjawab/tidak mengetahui: 10,3 persen

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya