Dirlantas Polda Jatim: Bundaran Waru Ditutup Total

Mobilitas ke Surabaya masih tinggi maka ditutup total

Surabaya, IDN Times - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Latif Usman membenarkan bahwa pihaknya menerapkan kebijakan menutup sementara akses masuk Surabaya di Bundaran Waru, tepatnya di depan mal City of Tomorrow (CITO), Rabu (7/7/2021).

1. Hasil anev, mobilitas ke Surabaya masih tinggi maka ditutup total

Dirlantas Polda Jatim: Bundaran Waru Ditutup TotalBundaran Waru arah Surabaya ditutup total, Rabu (7/7/2021). Dok. Ist.

Perwira dengan tiga melati emas ini menjelaskan, penutupan total akses utama masuk Surabaya ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Terlebih saat ini sedang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Sebenarnya, kata Latif, pihaknya telah menerapkan penyekatan di perbatasan provinsi, rayon dan pintu keluar tol. Hasilnya pun mulai tampak. Berdasarkan analisa dan evaluasi (anev) ada pengurangan volume kendaraan. Sayangnya hal itu tak terjadi di Surabaya. Masih tingginya mobilitas pun membuat mereka mengambil kebijakan menutup total akses utama Bundaran Waru.

"Hasil evaluasi sudah ada penurunan hari pertama dan kedua, tapi sampai hari ke-5, dipilah-pilah orang masuk Surabaya, masih padat sekali," ujarnya.

2. Penutupan berlangsung 1x24 jam

Dirlantas Polda Jatim: Bundaran Waru Ditutup TotalBundaran Waru arah Surabaya ditutup total, Rabu (7/7/2021). Dok. Ist.

Berbeda dengan kebijakan sebelum-sebelumnya, Latif memastikan kalau kawasan Bundaran Waru arah Surabaya ditutup total 1x24 jam. Dalam penerapannya, seluruh kendaraan, baik roda dua maupun empat dilarang masuk meskipub bernomor polisi atau plat L dan W.

Apabila ditemukan pengendara yang hendak melintas tanpa ada kepentingan tertentu, serta tak dilengkapi berkas-berkas pendukung seperti surat tes usap dan vaksin, akan diminta putar balik. Pengendara diimbau melewati sejumlah jalur tikus atau alternatif yang berada di sekitaran Bundaran Waru

"Kalau penting, silakan cari jalur alternatif lain untuk masuk (ke Kota Surabaya), silakan gunakan itu. Yang tidak berkepentingan, di rumah saja," tegasnya.

Baca Juga: 8 Mobil Dipaksa Putar Balik di Bundaran Waru

3. Masyarakat diminta memaklumi kebijakan guna keselamatan bersama

Dirlantas Polda Jatim: Bundaran Waru Ditutup TotalBundaran Waru arah Surabaya ditutup total, Rabu (7/7/2021). Dok. Ist.

Lebih lanjut, Latif meminta ke masyarakat supaya memaklumi kebijakan menutup total akses masuk Surabaya di Bundaran Waru. Pihaknya mengambil kebijakan tersebut karena lebih mementingkan keselamatan dan kesehatan masyarakat selama menerapkan aturan PPKM darurat.

"Kita dimarahi warga, yasudah. Yang penting, kita menjaga aturan, menjaga agar COVID-19 tidak menyebar, dan mobilitas masyarakat bisa turun. Akan kita lakukan 1x24 jam, akan kita evaluasi per-hari. Kalau volume masyarakat sudah berkurang, kita lakukan pemilihan sesuai Inmendagri," pungkasnya.

Baca Juga: Bundaran Waru Pintu Masuk Surabaya Ditutup Total, Pengendara Kecewa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya