COVID-19 Varian Omicron Terdeteksi di Jatim

Perketat prokes yo rek!

Surabaya, IDN Times - COVID-19 varian Omicron sudah terdeteksi di Jawa Timur (Jatim). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim pun mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dalam beraktivitas. Sementara itu, perkembangan kasus virus corona SARS CoV-2 juga mengalami peningkatan.

1. Dinkes Jatim benarkan Omicron sudah terdeteksi di Jatim

COVID-19 Varian Omicron Terdeteksi di Jatimilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, dr Erwin Astha Triyono mengonfirmasi bahwa COVID-19 varian Omicron telah menginfeksi pasien di Jatim. Sayangnya ia masih belum memberikan jumlah pasien yang terinfeksi dan riwayat perjalanan pasien. Sebab, masih dalam tahap koordinasi.

"Benar (ada pasien terinfeksi COVID-19) varian Omicron. nanti akan disiapkan materi pers release, koordinasi antara tim humas, Dinkes Surabaya dan Jatim," ujarnya saat dikontfirmasi, Minggu (2/1/2022).

Baca Juga: Tambah 68, Pasien COVID-19 Omicron di Indonesia Jadi 136 Orang

2. Imbau untuk perketat protokol kesehatan

COVID-19 Varian Omicron Terdeteksi di Jatimilustrasi tenaga kesehatan. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Satdaprov Jatim yang menaungi Humas Pemprov Jatim, Moh. Ali Kuncoro mengaku mendapatkan pesan tertulis dari Direktur Utama (Dirut) RSUD dr. Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi. Intinya, masyarakat diajak meningkatkan protokol kesehatan.

"Bapak ibu semuanya, mohon dengan hormat prokes (protokol kesehatan) ditingkatkan. Oleh karena Omicron sudah terdeteksi di sekitar kita. From (dari) dr. Joni Direktur RSUD (dr) Soetomo," kata dia.

"Untuk lebih faktualnya mohon langsung berkomunikasi dengan dokter Joni," Ali menambahkan ketika dikonfirmasi. Sementara itu, dr. Joni belum merespons saat dihubungi.

3. Tahun baru, ada 15 kasus baru

COVID-19 Varian Omicron Terdeteksi di JatimIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Data Satgas Penanganan COVID-19 Jatim menunjukkan, untuk penambahan kasus baru terpantau ada 15 pasien pada Sabtu (1/1/2022). Menjadikan total kasus aktif sebanyak 98 pasien. Sedangkan total kasus selama pandemik 400.081 orang, sebanyak 370.237 sembuh dan 29.746 meninggal dunia.

Baca Juga: 4 Ciri Varian Omicron, 5 Kali Lebih Cepat Menyebar dari Delta

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya