Comscore Tracker

2002 Orang Bakal Perebutkan 442 Formasi PPPK Tenaga Teknis Jatim

Tes digelar awal April

Surabaya, IDN Times - Seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan digelar 2 - 4 April 2023. Tercatat, akan ada sebanyak 2.002 peserta yang akan merebutkan 442 formasi.

Data Pemprov Jatim, 442 formasi PPPK Tenaga Teknis itu diproyeksikan mengisi sebanyak 59 unit kerja perangkat daerah. Rincian formasinya antara lain, 60 nomenklatur jabatan fungsional di semua jenjang pendidikan, antara lain 300 alokasi formasi sarjana, 50 alokasi diploma dan 92 alokasi SMA/SMK.

Pelaksanaan seleksi kompetensi dilakukan di beberapa lokasi. Yang terbanyak mengikuti tes di Kantor Regional II BKN Surabaya yaitu sebanyak 1974. Sedangkan, lokasi tes luar Jawa Timur meliputi UPT BKN Palangkaraya pada 19 Maret 2023 dengan jumlah satu orang dan BKN Pusat Jakarta pada 28 Maret 2023 dengan jumlah 11.

Selain itu, ada pula UPT BKN Semarang pada 31 Maret 2023 dengan peserta berjumlah 5 orang, Kantor Regional III BKN Bandung pada 1 April 2023 berjumlah 3 orang, serta Kantor Regional I BKN Yogyakarta pada 4 April 2023 berjumlah 8 orang.

Melihat persaingan ketat yang ada, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada peserta agar menyiapkan diri. Salah satunya dengan menaati peraturan dan memerhatikan setiap pengumuman yang ada.

Dia mengingatkan, untuk mengikuti tata tertib dan pemberian sanksi lain yang mempedomani Lampiran VIII Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Prosedur Tambahan Pada Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara.

"Jadi tolong disiapkan sesuai dengan petunjuk yang ada. Semuanya mulai dari banyak belajar dan membaca, survey lokasi, riset formasi, sampai pakaian yang akan dikenakan, bisa dipikirkan mulai dari sekarang," tegasnya.

Lebih jauh, Khofifah menekankan bahwa seluruh tahapan pelaksanaan penerimaan PPPK di Pemprov Jatim tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun. Maka, peserta diminta tidak mempercayai pihak tertentu yang menjanjikan kelulusan.

"Insya Allah seleksi dilakukan seadil dan setransparan mungkin. Setiap orang punya peluang yang sama. Jadi jangan sampai tertipu oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Saya minta tetap jaga sportivitas," pesannya.


Sebagai informasi, pelamar wajib mengikuti perkembangan informasi yang ada di https://bkd.jatimprov.go.id/Rekrutmen-PPPK2022. Apabila terdapat perubahan sewaktu-waktu, maka sistem yang berlaku adalah informasi terakhir.

Baca Juga: Kemenkes Buka Lowongan 60 Direksi RS Terbuka ASN dan Non-ASN, Minat?

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya