TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hujan Terus Mengguyur Jember, 1.294 Rumah Terendam Banjir

Warga butuh bantuan air bersih, logistik dan obat obatan

Ilustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Jember, IDN Times - Hujan lebat yang mengguyur kawasan Kabupaten Jember mengakibatkan sungai meluap dan merendam pemukiman tujuh desa di tiga kecamatan Tanggul, Semboro dan Sumberbaru sejak Rabu (10/11/2021) sore. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mencatat, jumlah rumah terdampak banjir semakin bertambah menjadi 1.294.

Kondisi tersebut diperparah karena  hujan masih terus mengguyur kawasan Jember hingga Kamis (11/11/2021).

1. Banjir berangsur surut

Infografis dampak banjir dan longsor di Jember. IDN Times/BPBD Jember

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo mengatakan, sebanyak 200 warga lebih yang sebelumnya sempat mengungsi saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing. Banjir yang merendam rumah dengan ketinggian 30-70 centimeter juga berangsur surut.

"Ketinggian air sudah berangsur surut. Data rumah terdampak dari hasil pendataan kami ada 1.294. Warga sekarang sudah ke rumah masing-masing dan membersihkan kotoran yang masuk," kata Heru, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga: Perut Lapar dan Hanya Punya Uang Rp 5000, Pria Jember Nekat Curi Motor

2. Butuh air bersih hingga logistik

BPBD Jember di lokasi banjir. IDN Times/Istimewa

Heru mengatakan, saat ini pihak BPBD sedang fokus memberikan bantuan air bersih, pembagian logistik dan mendirikan dapur umum.

"Saat ini yang dibutuhkan bantuan membersihkan hunian dan fasilitas umum, pengurasan sumur warga, distribusi air bersih," jelasnya.

Selain itu, kebutuhan obat-obatan yang dibutuhkan antara lain obat gatal-gatal, vitamin dan kebutuhan perlengkapan bayi.

Baca Juga: 3 Kecamatan di Jember Terdampak Banjir, 200 Orang Mengungsi

Berita Terkini Lainnya