Perut Lapar dan Hanya Punya Uang Rp 5000, Pria Jember Nekat Curi Motor

Ia jadi pengangguran setelah keluar dari penjara

Jember, IDN Times - Jumal (26) warga Dusun Glagasan, Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, merupakan pria pengangguran yang setiap hari nongkrong di sebuah Terminal Tawangalun.

Saat nongkrong di terminal pada Kamis, 4 November, Jumal merasa perutnya lapar dan hanya memegang uang Rp 5000. Di saat kondisi tersebut, Jamal melihat sebuah motor matic yang terparkir, lengkap dengan kuncinya yang masih menempel.

1. Berdalih perut lapar, Jamal menggasak motor yang diparkir di sebuah gang

Perut Lapar dan Hanya Punya Uang Rp 5000, Pria Jember Nekat Curi MotorPexels.com/Ron Lach

Berangkat dari rasa perut lapar, Jumal nekat mencuri motor matic Honda Vario yang terparkir di sebuah gang rumah warga. Jumal berhasil membawa kabur motor, dan satu jam kemudian pemilik motor baru menyadari kendaraannya telah dicuri.

"Kemudian pelapor itu menyadari bahwa sepeda motornya sudah hilang, lalu segera dikejar, dicari ke arah barat," ujar Kapolsek Rambipuji AKP. Sucipto, Jumat malam, (5/11/2021).

Baca Juga: Komplotan Curanmor Roda 4 Lintas Provinsi Ditangkap di Trenggalek

2. Ketemu dan dihajar massa

Perut Lapar dan Hanya Punya Uang Rp 5000, Pria Jember Nekat Curi MotorIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Selama mencari, tanpa sengaja pemilik motor menemukan motornya sedang dikendarai pelaku. Ia pun mengikutinya dan diberhentikan di depan Balai Desa Pencoro, Rambipuji. Peristiwa tersebut memantik warga berdatangan, dan menghajar Jumal.

“Pelaku ini mengendarai sepeda motornya dari arah selatan. Plat nomor juga sesuai. Lalu dipepet oleh pemilik motor untuk dihentikan dan saat itu banyak orang yang ikut berhenti juga menanyakan, bahwa ada sepeda motor diambil oleh orang ini,” katanya.

Setelah massa menghakimi Jumal di depan balai Desa Pencoro, warga melapor ke Polsek Rambipuji.

“Setelah diamankan di balai desa, kemudian melapor ke polsek Rambipuji, anggota Polsek langsung datang ke tempat kejadian untuk mengamankan terduga pelaku ke polsek Rambipuji beserta barang bukti sepeda motor yang dicuri,” terangnya.

3. Baru keluar penjara dan pengangguran

Perut Lapar dan Hanya Punya Uang Rp 5000, Pria Jember Nekat Curi MotorIlustrasi penjara (IDN Times/Mia Amalia)

Dari hasil pemeriksaan, polisi mendapat sejumlah pengakuan dari pelaku. Ia nekat mencuri karena perutnya lapar, ingin membeli makanan namun hanya memiliki uang Rp 5000.

"Terduga pelaku terpaksa melakukan pencurian karena membutuhkan uang untuk buat makan, sebab terduga pelaku ini hanya memilik uang Rp. 5.000," katanya.

Jumal sendiri tetap menjadi pengangguran setelah baru keluar dari penjara akibat kasus pencurian handphone. Ia kali ini harus berurusan dengan polisi dan terancam hukuman 4 tahun penjara.

"Terduga pelaku sendiri merupakan residivis yang pernah masuk penjara karena kasus pencuri handphone dan baru keluar lapas Jember," jelasnya.

"Atas perbuatanya, terduga pelaku akan dikenakan dengan pasal 362 KUHP atau pasal 363 ayat 5e KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara," katanya.

Baca Juga: Viral Pencurian oleh Sepasang Suami Istri Bawa Anak di Tuban

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya