3 Kecamatan di Jember Terdampak Banjir, 200 Orang Mengungsi

Hujan terus mengguyur kawasan Jember hingga pagi ini

Jember, IDN Times - Tiga kecamatan di Kabupaten Jember mengalami dampak kebanjiran akibat hujan yang terus mengguyur pada Rabu (10/11/2021) sejak siang hingga malam. Akibatnya, sungai di kawasan Jember selatan meluap dan mengakibatkan banjir di tiga kecamatan, Tanggul, Semboro dan Sumberbaru.

1. Sebanyak 547 rumah terdampak

3 Kecamatan di Jember Terdampak Banjir, 200 Orang MengungsiInfografis dampak banjir di Jember. IDN Times/BPBD Jember

BPBD Kabupaten Jember mencatat, hingga pukul 20.35 lebih dari 200 orang di Semboro mengungsi akibat rumahnya terendam banjir.

"Banjir terjadi di tiga kecamatan, enam desa dengan total rumah terdampak banjir 547," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Sigit Akbari, Rabu malam (10/11/2021).

2. Ketinggian air berkisar 40-70 cm

3 Kecamatan di Jember Terdampak Banjir, 200 Orang MengungsiIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sigit mengatakan, BPBD Jember dan relawan telah terjun ke lokasi untuk melakukan evakuasi warga sejak pukul 18.50 WIB. Dari data sementara, banjir diakibatkan hujan lebat yang terjadi sejak pukul 11.00 WIB.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengakibatkan peningkatan debit air sungai dan mengakibatkan longsor," katanya.

Tidak ada Korban jiwa dalam peristiwa ini. Banjir rata rata merendam rumah warga dengan ketinggian air 40-70 centimeter.

"Satu rumah rusak di Kramat Sukoharjo, Tanggul. Dan 90 rumah terendam di Kecamatan Semboro, korban jiwa dan luka nihil," jelasnya.

Baca Juga: Ngaku Anak Kyai, Pemuda Jember Bawa Kabur Gawai Korban Saat COD

3. Lebih dari 200 orang mengungsi

3 Kecamatan di Jember Terdampak Banjir, 200 Orang MengungsiIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara kondisi terparah terjadi di Desa Pondokdalem, Semboro. 475 rumah terendam banjir dengan ketinggian 40-70 centimeter. Akibatnya lebih dari 200 orang mengungsi ke rumah saudara dan lokasi aman seperti kantor desa.

"Sejauh ini tim terus standby di lokasi, pendataan dampak banjir terus berlangsung," jelasnya.

Sementara itu, kondisi di kawasan Kabupaten Jember hingga pagi ini terpantau hujan sedang.

Baca Juga: Stunting Jember Tinggi, Menko Muhadjir Ajak Kampus Turut Mencegah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya