TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Erupsi Raung Setinggi 1.000 Meter, Bandara Banyuwangi Tutup Sementara

Sempat ada aktivitas penerbangan pagi tadi

Suasana di dalam terminal Bandara Banyuwangi usai ditutup akibat sebaran abu vulkanik. IDN Times/Istimewa

Banyuwangi, IDN Times - Otoritas Bandara Blimbingsari, Banyuwangi memutuskan untuk menutup sementara aktivitas penerbangan akibat sebaran abu vulkanik erupsi Gunung Raung pada Minggu (7/2/2021). Tinggi kolom abu vulkanik kali ini mencapai 1.000 meter dari atas puncak gunung setinggi 3.332 Mdpl. Abu vulkanik mengarah ke sisi timur.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II, KC Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro mengatakan, pihaknya telah menerima arahan dari Airnav Indonesia untuk menghentikan aktivitas penerbangan. Sebab, sebaran abu vulkanik bisa beresiko bagi penerbangan dari dan ke Banyuwangi.

"Kami menerima notice to airmen (notam) dari Airnav Indonesia untuk penutupan Bandara Banyuwangi hari ini per pukul 08.50 hingga 14.50 hari ini," kata Cin Asmoro, Minggu, (7/2/2021).

1. Abu vulkanik mengarah ke bandara

Bandara Banyuwangi menghentikan aktivitas penerbangan sementara akibat erupsi Gunung Raung. IDN Times/Istimewa

Selain itu, otoritas Bandara Banyuwangi juga telah melakukan paper test untuk mendeteksi sebaran abu vulkanik di kawasan bandara dengan hasil positif.

"Data dari  BMKG menunjukkan kalau arah semburan abunya mengarah ke timur artinya ke daerah bandara, didukung paper test yang hasilnya positif juga. Jadi kami laporkan ini otoritas bandara wilayah tiga Surabaya. Diambil keputusan bandara kami tutup mulai sekitar pukul 08.30 WIB tadi," ujarnya. 

Baca Juga: Gemuruh, Warga Lereng Gunung Raung Beraktivitas Seperti Biasa

2. Terus tunggu perkembangan aktivitas Gunung Raung

Erupsi Gunung Raung mengalami peningkatan pada hari ini, Minggu (7/2/2021). IDN Times/Istimewa

Sebelumnya pada pagi sebelum pukul 08.30 WIB, aktivitas penerbangan di Bandara Banyuwangi sempat berlangsung seperti biasa. Mulai rute Surabaya, Denpasar, dan Jakarta.

"Pagi tadi jadwal penerbangan masih normal. Dari Surabaya ada Citilink yang lanjut ke Ngurah Rai. Namun, setelahnya itu yang terganggu. Citilink rute Jakarta yang jadwal berangkat dari Banyuwangi pukul 08.10 WIB hari ini delay, menunggu perkembangan kondisi sebaran abu," kata Cin.

Baca Juga: Erupsi Gunung Raung, 6 Kecamatan di Banyuwangi Terkena Hujan Abu

Berita Terkini Lainnya