Gempa Pacitan Dirasakan hingga Magetan dan Madiun

Gempa berkekuatan 5,5 Magnitudo guncang Kabupaten Pacitan

Magetan, IDN Times - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,5—sebelumnya dilaporkan magnitudo 5,7—yang mengguncang Samudra Hindia Barat Daya Pacitan, juga dirasakan sejumlah warga di Kabupaten Magetan dan Madiun pada Minggu malam (23/7/2023).

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 5,5 skala magnitudo, dengan kedalaman 10 KM, serta berlokasi 84 KM barat daya Pacitan, pukul 19.33 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

1. Gempa juga dirasakan hingga kabupaten Magetan

Gempa Pacitan Dirasakan hingga Magetan dan MadiunBMKG/ Istimewa

Andik, salah seorang warga di Kecamatan Parang Kabupaten Magetan mengaku merasakan gempa saat tengah bersantai santai di teras rumahnya.

"Posisi saya sedang duduk santai sambil minum kopi. Tiba tiba lantai seperti di ayun, saya kaget dan langsung bilang ke istri untuk keluar rumah beserta anak anak. Alhmadulillah tidak lama, sehingga kami pun masuk rumah lagi," kata Andik.

Andik yang asli Pacitan itu pun khawatir terjadi apa apa pada keluarganya di Pacitan kemudian menelpon saudaranya.

"Alhamdulillah aman dan tidak terjadi apa apa. Tidak ada kerusakan dan peringatan tsunami. Aman kata keluarga saya," katanya.

Baca Juga: Gempa Pacitan Jenis Dangkal, Tak Berpotensi Tsunami

2. Gempa juga dirasakan sampai Kabupaten Madiun

Gempa Pacitan Dirasakan hingga Magetan dan MadiunBMKG/ Istimewa

Guncangan gempa juga dirasakan hingga Kabupaten Madiun. Eko Osa, salah satu karyawan hotel. Karena berada di lantai 3 guncangannya terasa banget. Beberapa tamu hotel sempat panik namun kembali tenang karena hanya sebentar saja.

"Saya sedang di lantai tiga saat itu, jadi getaranya terasa kuat sekali. Beberpa tamu hotel sempat panik dan keluar kamar. Namun kembali masuk karena hanya sebentar saja. Alhamdulillah tidak terjadi apa apa," Eko memungkasi.

Baca Juga: Gempa Bumi Berkekuatan M 5,7 Guncang Pacitan

3. Tidak ada laporan kerusakan di Pacitan

Gempa Pacitan Dirasakan hingga Magetan dan MadiunBMKG/ Istimewa

Hingga malam ini, tidak ada laporan kerusakan baik pemukiman maupun tanah longsor oleh BPBD Kabupaten Pacitan. Selain itu gempa bumi juga tidak berpotensi tsunami.

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya