TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wali Kota Eri Bilang Surabaya Siap Jadi KLA Paripurna

Rumah Anak Prestasi satu-satunya di Indonesia

Fasilitas ramah anak di Surabaya. (Dok. Diskominfo Kota Surabaya).

Surabaya, IDN Times - Kota Surabaya mempersiapkan diri meraih gelar Kota Layak Anak (KLA) Paripurna. Surabaya sekarang ini telah memiliki Rumah Anak Prestasi untuk penyandang difabel berkreasi dan berkekspresi. 

Penilian KLA telah dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia beberapa pekan lalu. Penilaian ini akan mengumumkan daerah mana saja yang dinilai pantas disebut sebagai KLA.

Baca Juga: Kata Pakar Tata Kota ITS Soal Surabaya Tak Masuk Smart City

1. Rumah Anak Prestasi satu-satunya di Indonesia

Fasilitas ramah anak di Surabaya. (Dok. Diskominfo Kota Surabaya).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, Rumah Anak Prestasi tersebut merupakan satu-satunya di Indonesia. Rumah Anak Prestasi tersebut ada di Jalan Nginden Semolo Nomor 23. Tak menutup kemungkinan, Rumah Prestasi ini akan dibangun di sejumlah wilayah di Surabaya.

"Rumah Anak Prestasi akan kami tambah di setiap wilayah Surabaya, ada di barat, selatan, utara. Sekarang masih ada satu," ujar Eri.

Rumah Anak Prestasi tersebut pernah memarkan beragam karya anak-anak difabel Surabaya. Mulai dari pameran lukisan, kerajinan tangan, musik, menyanyi, dongeng bahasa isyarat, hingga peragaan busana dari hasil karya jahit.

2. Pemkot juga bentuk Puspaga wilayah RW

Fasilitas ramah anak di Surabaya. (Dok. Diskominfo Kota Surabaya).

Eri menyebut, selain Rumah Anak Prestasi, pihaknya juga telah membentuk pelayanan Pusat Pembelajaran Keluargan (Puspaga) wilayah RW. Puspagabakan memaksimalkan edukasi pendidikan keluarga, seperti edukasi pola asuh anak.

" KLA bukan hanya anak, tetapi juga melihat pada pendampingan pada parenting orang tuanya," terang Eri.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Ajukan Stadion GBT Jadi Venue Piala Dunia U-17

Berita Terkini Lainnya