Kisah Jemaah Haji Magetan, Wafat di Pesawat dalam Perjalanan Pulang

Sumantri wafat di dalam pesawat usai take-off dari tanah suci Mekah

IDN Times, Magetan - Kabar duka kembali datang dari jemaah haji asal Kabupaten Magetan. Sumantri Kasan Mukmin (87), warga Kelurahan Parang, Kecamatan Parang, wafat di pesawat dalam perjalanan pulang ke Tanah Air.

Kabar wafatnya satu jemaah dalam pesawat perjalan pulang tersebut diketahui dari telgram yang dikirimkan oleh pilot pesawat kepada petugas KKP di Juanda Surabaya. "Dear Bapak Ibu, kami sampaikan berdasarkan telegram dari pilot pesawat yang membawa jemaah SUB - 14. Ada 1 jemaah yang meninggal dunia didalam pesawat. Mohon bantuan bapak ibu KKP.  Terima kasih," tulis pilot.

Baca Juga: Puncak Haji Usai, 129 Jemaah Haji yang Safari Wukuf Kembali ke Hotel

1. Satu Jamaah Haji Wafat di Pesawat

Kisah Jemaah Haji Magetan, Wafat di Pesawat dalam Perjalanan PulangHumas Kemenag Magetan

Kabar tersebut dibenarkan oleh Plt Kasi PHU Kemenag Magetan, Imam Subakti. Almarhum meninggal dunia di dalam pesawat saat perjalanan pulang ke Tanah Air.

"Beliau adalah Sumantri Kadang Mukmin warga lingkungan Wadung Kelurahan Kecamatan Parang. Jenazahnya saat ini tengah dijemput tim ambulans RSUD dr. Sayidiman Magetan dari embarkasi haji Sukolilo. Insyallah tiba di rumah duka Senin pada pukul 19.00-20.00 WIB," kata Imam, Senin malam (10/07/2023).

2. Total jemaah Haji Magetan yang wafat ada enam orang

Kisah Jemaah Haji Magetan, Wafat di Pesawat dalam Perjalanan PulangIDN Times/ Riyanto

Menurut Imam, dengan meninggalnya satu jemaah tersebut, total ada 6 jemaah asal Kabupaten Magetan yang meninggal dunia. Lima orang dari kloter-14 dan satu orang pada kloter-13. "Kami segenap panitia haji dan umrah dan Kemenag Magetan mengucapkan turut berbelasungkawa. Semoga beliau Husnul Khotimah dan menjadi haji yang Mabrur," pungkasnya.

Petang ini, seluruh jemaah haji asal Magetan dijadwalkan akan tiba secara bertahap di GOR Ki Mageti. Pertama Kloter-13 kemudian disusul Kloter-14.

3. Jenazah tiba di rumah duka disambut isak tangis keluarga

Kisah Jemaah Haji Magetan, Wafat di Pesawat dalam Perjalanan PulangIDN Times/ Riyanto

Jenazah Sumantri Kasan Mukmin sendiri tiba di rumah duka pada Senin pukul 20.00 WIB. Jenazahnya disambut isak tangis anak dan cucunya. Usai diturunkan dari ambulans, jenazahnya langsung dimandikan dan disalatkan, selanjutnya dimakamkan di TPU setempat.

"Sebelumnya bapak sebelum masuk pesawat itu baik baik saja. Sempat vidio call sebentar pada saat di dalam pesawat, namun tiba tiba terputus dan tidak bisa dihubungi lagi. Itu kali terakhir saya melihat," kata salah satu anaknya, bernama Nurlela.

Ia mengaku bersyukur, sang bapak masih bisa pulang ke Tanah Air meski dalam kondisi wafat. Ia menjadi satu satunya jemaah haji yang meninggal dan jenazahnya di makamkan di Tanah Air. "Kami sekeluarga ikhlas karena sudah menjadi takdir bapak wafat. Selain itu, kami juga bersyukur bapak bisa dibawa pulang dan dimakamkan di kampung halaman," pungkasnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Jangan Anggap Sepele Pneumonia, Bisa Sebabkan Kematian 

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya