TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sejumlah Tempat Ini Dibuka Loh Saat Tahun Baru, Boleh Main Kembang Api

Jadi di dalam kota aja ya

Alun-alun Surabaya di kawasan Balai Pemuda. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Surabaya, IDN Times - Sejumlah ruang terbuka di Kota Surabaya tetap bisa dinikmati warga saat malam pergantian tahun baru, Sabtu (31/1/2022).  Salah satunya adalah Kompek Balai Pemuda Alun-alun dan taman-taman di Surabaya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya, M. Fikser mengatakan, di Komplek Balai Pemuda, menjelang malam pergantian tahun, warga akan disuguhkan hiburan kesenian tradisional yang digelar pukul 15.00-20.00 WIB. Kesenian yang ditampilkan di sana, mulai dari Ketoprak, Reog, Musik Akustik, Ludruk, dan Wayang Kulit

“Masyarakat bisa menikmati hiburan tersebut secara gratis di Balai Pemuda dan Alun-alun Surabaya. Dengan adanya rangkaian hiburan kesenian itu, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke luar kota untuk menikmati malam pergantian tahun,” kata Fikser. 

Bukan hanya Alun-alun, Taman Suroboyo juga akan dibuka pada malam pergantian tahun. Hanya saja, para pedagang asongan atau pedagang kaki lima (PKL) tidak diperkenankan berdagang di dalam area Taman Suroboyo. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi menyebut, Taman Suroboyo dibuka pada Sabtu pagi hingga Minggu pagi. Masyarakat boleh datang untuk beraktivitas di taman tersebut. 

“Sabtu pagi sudah dibuka sampai minggu pagi. Plaza juga diperlebar, silahkan kalau mau datang ke sana untuk senam, atau olahraga. Tapi tidak diperkenankan jualan di dalam area taman, kalau mau untuk senam atau olahraga monggo (silakan),” jelasnya.

Tidak hanya Taman Suroboyo, semua taman terbuka di Kota Surabaya juga dibuka selama 24 jam pada malam pergantian tahun. Ia pun mengimbau masyarakat untuk saling menjaga kebersihan. Para orangtua juga diminta untuk lebih memperhatikan dan menjaga anak-anaknya selama berada di area taman. 

“Taman Bungkul dibuka, Taman Cahaya dibuka dan ada gelaran wayangan. Tapi tidak boleh jualan di dalam taman, harus menjaga kebersihan agar tidak mengganggu pengunjung yang lain. Jadi, semua taman terbuka, dibuka untuk warga, kecuali taman Flora tidak bisa dibuka untuk malam hari,” jelasnya.

Di sisi lain, pembukaan taman terbuka selama 24 jam hanya berlaku pada malam pergantian tahun. “Seperti Taman Suroboyo akan kita tutup sampai pukul 22.00 WIB karena ikon Patung Sura Baya instagramable dan memikat para pengunjung,” pungkasnya.

Terpisah, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membolehkan masyarakat untuk menikmati malam pergantian tahun baru dengan menyalakan kembang api, namun hanya di wilayah masing-masing. "Kalau cuma kembang api ya tidak apa-apa, kita memang mengarahkan, cukup kembang api saja jangan berlebihan," ungkap dia. 

Sementara, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Yusep Gunawan menyebut, akan menjaga beberapa titik di dalam kota saat malam pergantian tahun. Ia berfokus pada pusat keramaian seperti Tunjungan hingga Tugu Pahlawan. 

"Titik seperti Tugu Pahwlawan, Tunjungan, Cito akan menjadi fokus pengamanan kami," kata dia.

Baca Juga: 14 Titik Penyekatan Saat Malam Tahun Baru, Konvoi Tak Boleh Masuk 

Berita Terkini Lainnya