TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tak Terdampak Pandemik, ASN Pemkot Surabaya Diminta Donasikan Gajinya

Setiap bulan, gaji ASN diminta untuk disisihkan

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi (kiri) saat berdiskusi dengan Kepala Dinas Kesehatan di sela kesempatan penanganan COVID-19. Dok Humas Pemkot Surabaya

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berusaha mencari sumber dana untuk penanganan pandemik COVID-19 beserta dampaknya. Kali ini, Pemkot Surabaya meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di lingkupnya untuk menyumbangkan sebagian gajinya untuk didonasikan kepada warga yang terdampak pandemik COVID-19 secara ekonomi.

Baca Juga: 140 Rumah Sehat di Surabaya Resmi Beroperasi

1. Gaji ASN tak terpengaruh pandemik COVID-19

Ilustrasi gaji (IDN Times/Dok)

Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan bahwa ASN merupakan salah satu pekerjaan yang tak terdampak pandemik dari segi ekonomi. Gaji dan tunjangan PNS tetap utuh karena berasal dari APBD dan APBN. Di sisi lain, banyak warga yang kesulitan secara ekonomi akibat pandemik seperti pedagang atau karyawan yang dirumahkan. Untuk itu, Pemkot meminta para ASN-nya untuk menyisihkan sebagian gajinya.

"Jujur saja, ASN kan tidak terdampak langsung, gajinya kan dari APBN dan APBD. Semoga ini menjadi contoh agar masyarakat yang sekiranya memiliki kelebihan rezeki untuk bisa berbagi," ujarnya, Jumat (6/8/2021).

2. Sumbangan bersifat suka rela

pixabay.com

Permintaan donasi ini pun diarahkan kepada seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot Surabaya. Salah satu contohnya yaitu RSUD dr Soewandhie yang diharap menyisihkan gaji sebesar Rp100 ribu perbulannya untuk didonasikan. Sumbangan ini pun bersifat suka rela dan tidak memaksa.

"Tidak hanya di satu PD saja, tapi semuanya. Ada yang disampaikan tertulis dan ada yang disampaikan secara langsung. Ada yang berupa sembako dan donasi sejumlah uang,” tuturnya.

Baca Juga: Bantu Warga Terdampak COVID-19, Pelajar Surabaya Ramai-ramai Donasi

Berita Terkini Lainnya