140 Rumah Sehat di Surabaya Resmi Beroperasi

Pasien OTG bisa isolasi tanpa timbulkan klaster keluarga

Surabaya, IDN Times - Pusat-pusat isolasi yang berada di masing-masing kelurahan di Kota Surabaya atau yang disebut Rumah Sehat telah resmi beroperasi mulai hari ini, Rabu (28/7/2021). Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap Rumah Sehat bisa beroperasi dengan optimal tanpa lagi mendapat penolakan dari warga.

1. Rumah Sehat resmi beroperasi

140 Rumah Sehat di Surabaya Resmi BeroperasiRumah Sehat di SDN 3 Gading, Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Peresmian Rumah Sehat ini ditandai dengan apel Lurah, Camat, beserta Kepala Perangkat Daerah (PD) Pemkot Surabaya. Dalam kesempatan itu, Eri membagikan bantuan secara simbolis kepada perwakilan rumah sehat berupa beras, masker, dan oximeter. Setelah diresmikan, Rumah Sehat pun sudah bisa difungsikan untuk menjadi lokasi isolasi terpusat warga sekitarnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkot Surabaya, Camat dan Lurah, beserta seluruh warga Surabaya. Ini merupakan, ikhtiar kita semua,” ujar Eri.

Baca Juga: Tuai Banyak Protes, Ini Penjelasan Eri Soal Rumah Sehat di Kelurahan

2. Sudah ada 140 Rumah Sehat di Surabaya

140 Rumah Sehat di Surabaya Resmi Beroperasi

Eri menyebutkan, saat ini telah ada sekitar 140 Rumah Sehat dari 154 kelurahan yang ada di Kota Surabaya. Ia meminta agar kelurahan lainnya bisa menyusul dengan memiliki rumah sehat dan warga sekitar tidak menolaknya.

“Saya yakin dengan kerendahan hati, warga Surabaya pasti akan berjuang bersama untuk kepentingan kelurahannya masing-masing,” tuturnya.

3. Rumah Sehat bukan seperti Rumah Sakit

140 Rumah Sehat di Surabaya Resmi BeroperasiRumah Sehat di SDN 3 Gading, Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Eri kembali meyakinkan warga bahwa Rumah Sehat bukan seperti Rumah Sakit yang merawat pasien COVID-19 gejala berat. Rumah Sehat hanya akan ditempati oleh pasien tanpa gejala atau gejala ringan yang membutuhkan lokasi isolasi memadai.

"Ini bukan tempatnya ambulans, bukan. Bukan tempatnya yang sakit, bukan. Tapi ketika di kampungnya ini ada yang terpapar COVID-19, namun tidak memiliki gejala bisa diajak ke Rumah Sehat. Sehingga warga sekitar kampung bisa aman," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Surabaya Melunak, Rumah Sehat di Tiap Kelurahan Mulai Diterima

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya