TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

E-Batik Nusantara, Media Belajar Karya Mahasiswa Unesa

Inspirasi dalam berkreasi dan berinovasi

Lima mahasiswa Unesa bikin E-Batik Nusantara. Dok. Humas Unesa

Surabaya, IDN Times - Lima mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuat inovasi berupa aplikas E-Batik Nusantara. Aplikasi ini berfungsi untuk mengedukasi dan mendorong anak-anak sehingga tertarik mempelajari, memahami dan memaknai batik sebagai bagian dari warisan penting bangsa Indonesia.

Adapun lima mahasiswa yang terlibat, Aas Nafilah Ilmi dari S-1 Pendidikan IPS, Novan Ari Pradana D-4 Manajemen Informatika, Moch. Anan Charismadeyanto  dari S-1 Pendidikan IPS, Maharani Syahdilla Putri W dari S-1 Desain Komunikasi Visual, dan Ama Fatmala S-1 Pendidikan IPS.

Baca Juga: Enak dan Nyaman, 5 Rekomendasi Angkringan di Sekitar Unesa Ketintang

1. Sudah mulai digunakan di beberapa sekolah di Surabaya

Ketua tim, Aas Nafilah Ilmi mengatakan, E-Batik dirancang menggunakan metode augmented reality berbantuan combine close sebagai media pembelajaran atau sarana edukasi ragam batik tanah air. Media ini dikembangkan berdasarkan riset dan sudah melewati tahap uji coba dan mulai digunakan di sekolah Kota Surabaya.

“Kalau mau belajar batik, macam-macamnya, motif dan maknanya dari berbagai daerah bisa lewat E-Batik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (13/9/2021).

2. Fiturnya menarik dan luas seputar batik di 34 provinsi

Lima mahasiswa Unesa bikin E-Batik Nusantara. Dok. Humas Unesa

Aplikasi E-Batik memiliki beberapa fitur utama, mulai dari materi, game hingga informasi seputar aplikasi dan petunjuknya. Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Pada tampilan utama dimunculkan peta Indonesia yang jika salah satu daerah dipilih akan muncul ikon model berbaju batik ciri khas daerah tersebut.

"Ada juga keterangan dan penjelasan filosofinya, mulai dari jenis dan makna batik 34 provinsi di Indonesia semua ada di aplikasi," kata Aas.

Baca Juga: 7 Cafe di Sekitar Unesa yang Gak Bikin Bokek Mahasiswa!

Berita Terkini Lainnya