Tolak Pembangunan Jurassic Park Komodo, Massa di Malang Gelar Aksi 

Anggap bisa merusak habitat komodo

Malang, IDN Times - Massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Timur Melawan menggelar aksi unjuk rasa di kawasan perempatan Rajabally, Kota Malang, Rabu (4/11/2020). Unjuk rasa tersebut menolak pembanfunan Jurassic Park di Pulau Komodo. Massa beralasan bahwa pembangunan proyek tersebut justru bisa merusak habitat dari salah satu hewan yang dilindungi tersebut. 

1. Bisa jadi neraka bagi Komodo

Tolak Pembangunan Jurassic Park Komodo, Massa di Malang Gelar Aksi Unplash/Altraz

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Aliansi Mahasiswa Timur Melawan di Kota Malang, Arafik Burhan menjelaskan bahwa dampak dari pembangunan Jurassic Park justru akan menciptakan neraka bagi komodo. Hal itu dapat berujung pada musnahnya hewan unik ini selamanya. Selain itu akan berdampak pada kelangsungan habitat hidup komodo bahkan masyarakat yang menempati tanah tersebut.

"Bukan hanya persoalan-persolan pembangunan Jurassic Park saja. Ada beberapa persoalan rakyat lainnya yang terjadi di NTT yang juga harus diselesaikan," paparnya Rabu (4/11/2020). 

2. Tuntut penyelesaian masalah sengketa tanah adat

Tolak Pembangunan Jurassic Park Komodo, Massa di Malang Gelar Aksi Massa aksi melakukan orasi di perempatan rajabally Kota Malang. Dok/Istimewa

Lebih jauh, Burhan menambahkan bahwa baru-baru ini terjadi pengambilan tanah adat masyarakat Besipae di Kabupaten Timur Tengah Selatan  oleh pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur. Alasan pengambilan tanah tersebut adalah untuk kepentingan investasi yang dimana berakhir dengan tindakan represif aparat keamanan terhadap masyarakat adat besipae tanpa ada penyelesaian yang jelas.

"Juga ada kasus pelecehan seksual oleh aparat desa  yang terjadi di Titehena Flores Timur sampe sekarang belum ada kejelasan penyelesaiannya," tambahnya.

3. Banyak pembangunan yang tak pro rakyat

Tolak Pembangunan Jurassic Park Komodo, Massa di Malang Gelar Aksi Sejumlah massa aliansi mahasiswa timur melawan melakukan aksi penolakan pembangunan jurassic park di Pulau Komodo. Dok/Istimewa

Tak hanya itu saja, Burhan menyebut bahwa banyak persoalan yang terjadi di Indonesia Timur, tidak hanya NTT. Salah satunya seperti terjadi di Maluku dimana mejadikan daerah kepaluan Aru sebagai lumbung ikan nasional. Tetapi dalam prosesnya tanpa melibatkan nelayan setempat.  

"Baik pemerintah pusat sampai ke daerah sama-sama tidak menyelesaikan persoalan rakyat. Hari ini rakyat sudah lagi tidak percaya kepada pemerintah dalam menyelesaikan persoalan rakyat," sambungnya. 

4. Minta pemerintah selesaikan kasus-kasus tersebut

Tolak Pembangunan Jurassic Park Komodo, Massa di Malang Gelar Aksi Massa membawa banner penolakan pembangunan jurassic park. Dok/istimewa

Untuk itu, dalam aksi tersebut massa Aliansi Mahasiswa Timur Melawan meminta kepada pemerintah untuk segera menyelesaikan kasus-kasus tersebut. Utamanya terkait permasalahan-permasalahan yang berpotensi merusak alam Indonesia Timur. 


"Untuk itu kami menyatakan sikap menolak pembangunan jurassic park di Pulau Komodo dan meminta pemerintah segera menyelesaikan permasalahan lain juga," tandasnya. 
 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya