Stasiun Malang Operasikan Dua Kereta Tambahan Saat Libur Nataru

Setiap hari berangkatkan 12 kereta jarak jauh

Malang, IDN Times - Stasiun Kota Malang menyiapkan dua rangkaian kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang momen libur Natal dan Tahun Baru  2020. Dua kereta tambahan tersebut adalah Matarmaja dan Gajayana tujuan Malang-Jakarta. Kereta tambahan mulai dioperasikan sejak awal Desember hingga Januari 2020 dengan total 468 kursi. 

1. Tiket keberangkatan masih tersedia

Stasiun Malang Operasikan Dua Kereta Tambahan Saat Libur NataruKepala Stasiun Kota Malang, Iful Siswanto menyebut saat ini tiket masih tersedia untuk semua keberangkatan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini, tiket kereta untuk semua keberangkatan selama libur natal dan tahun baru (nataru) nanti masih tersedia. Bahkan, tingkat ketersediaan tiket masih berada di atas 50 persen dari kapasitas gerbong. Sebab, saat ini para pekerja masih belum mendapat jadwal libur akhir tahun. Begitu juga untuk anak sekolah yang masih belum ada jadal libur. 

"Saat ini belum ada jadwal libur. Sehingga pemesan tiket masih belum banyak," papar Kepala Stasiun Kota Malang Iful Siswanto, Senin (2/12).

2. Siapkan fasilitas ruang tunggu yang lebih nyaman

Stasiun Malang Operasikan Dua Kereta Tambahan Saat Libur NataruPara penunpang sedang menunggu jadwal keberangkatan di Stasiun Kota Malang, Senin (2/12/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain itu, Stasiun Kota Malang juga memperbaiki fasilitas ruang tunggu serta pelayanan lain. Hal itu untuk memberikan rasa nyaman kepada penumpang yang datang maupun berangkat dari kota Malang. Apalagi selama musim libur, Malang biasa dijadikan destinasi wisata.

"Ruang tunggu akan kami tambah. Personel juga akan kami tingkatkan untuk memudahkan penumpang," tambahnya. 

Baca Juga: Kereta Wijayakusuma Anjlok di Magetan

3. Antisipasi kemungkian kejahatan

Stasiun Malang Operasikan Dua Kereta Tambahan Saat Libur NataruPenumpang masuk ke dalam kereta di Stasiun Kota Baru. IDN Times/ Alfi Ramadana

Bukan hanya itu saja, potensi kerawanan kejahatan juga menjadi perhatian, Makin banyak penumpang, tentu potensi kejahatan juga ikut bertambah besar. Oleh sebab itu, Stasiun Kota Malang menyiapkan pengamanan ekstra untuk meminimalisasi kejahatan.

"Nanti akan ada pemeriksaan ekstra sesuai dengan jalurnya. Biasanya hanya sekali, maka nanti akan dilakukan sebanyak dua kali," jelasnya. 

4. Lonjakan penumpang diperkirakan H-3 Tahun Baru 2020

Stasiun Malang Operasikan Dua Kereta Tambahan Saat Libur NataruStasiun Kota Malang siap menyambut lonjakan penumpang jelang Natal dan Tahun Baru. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Iful juga menyebut bahwa untuk tahun ini ada kemungkinan kenaikan penumpang. Namun demikian, pihaknya masih belum memastikan berapa banyak peningkatannya. Tetapi ia memperkirakan pada tahun ini ada peningkatan delapan persen dari jumlah penumpang tahun sebelumnya. Hal itu berdasarkan dengan kecenderungan penumpang selama libur natal dan tahun baru. 

"Kalau hanya natal saja perkiraan H-2 puncaknya. Tetapi kalau sampai tahun baru itu, H-3 saya kira sudah mulai ramai," sambungnya. 

5. Tujuan Bandung-Jakarta terbanyak

Stasiun Malang Operasikan Dua Kereta Tambahan Saat Libur NataruPenumpang menunggu jadwal keberangkatan di Stasiun Kota Malang, Senin (2/12/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, untuk keberangkatan, Iful menyebut bahwa perkiraan tujuan terbanyak pada saat libur nataru adalah Jakarta dan Bandung. Namun demikian, kini penumpang memiliki banyak alternatif untuk perjalanan mereka. Saat ini kereta tujuan Malang-Bandung diperpanjang relasi perjalananya hingga Jakarta.

"Sekarang KA Mutiara Selatan tujuan Bandung ditambah pemberhentiannya hingga Jakarta. Jadi penumpang punya lebih banyak alternatif pilihan," tandasnya. 

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal dan Rute Baru Kereta Api Daop 8 Surabaya

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya